Ekonomi & Bisnis

Babinsa Bantu UMKM Budidaya Jamur di Desa Sumber Pandan

×

Babinsa Bantu UMKM Budidaya Jamur di Desa Sumber Pandan

Sebarkan artikel ini

BONDOWOSO – Dalam upaya meningkatkan perekonomian desa dan mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Babinsa Desa Sumber Pandan, Serda Nuryoko, menunjukkan peran aktifnya. Bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Ibu Reni, Serda Nuryoko memberikan pendampingan pada UMKM budidaya jamur milik H. Abdullah Mufit di Dusun Sumber Pandan, RT 13/004, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Senin (03/06/24).

Pada kegiatan yang dilaksanakan Senin pagi tersebut, Serda Nuryoko dan Ibu Reni berfokus pada teknik-teknik budidaya jamur yang efektif dan efisien. Mereka memberikan pelatihan tentang pemilihan bibit berkualitas, perawatan media tanam, hingga proses panen yang optimal. “Kami berharap dengan pendampingan ini, produksi jamur Pak Abdullah bisa meningkat dan memberikan dampak ekonomi yang positif bagi desa,” ujar Serda Nuryoko.

Tak hanya memberikan pelatihan teknis, Babinsa dan PPL juga membahas strategi pemasaran produk jamur. H. Abdullah Mufit, selaku pemilik usaha, merasa sangat terbantu dengan adanya pendampingan ini. “Dengan bimbingan yang diberikan, kami lebih percaya diri untuk memperluas pasar dan meningkatkan produksi,” ungkap H. Abdullah.

Peran aktif Babinsa dalam mendukung UMKM di wilayahnya menunjukkan kepedulian TNI terhadap kesejahteraan masyarakat. Pendampingan yang dilakukan Serda Nuryoko tidak hanya terbatas pada budidaya jamur, tetapi juga mencakup berbagai sektor usaha lainnya. “Ini merupakan bagian dari tugas kami untuk memastikan masyarakat dapat mandiri secara ekonomi,” tambah Serda Nuryoko.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari warga Desa Sumber Pandan. Mereka melihat kehadiran Babinsa sebagai motivator yang membantu mengatasi berbagai tantangan dalam usaha pertanian dan UMKM. “Kehadiran Babinsa memberikan semangat baru bagi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk lokal,” ujar salah satu warga. Dengan dukungan seperti ini, diharapkan Desa Sumber Pandan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam mengembangkan UMKM secara berkelanjutan. (Yetno)