Berita

Babinsa Desa Kembang Tingkatkan Hasil Panen Padi dengan Pendampingan Inovatif

×

Babinsa Desa Kembang Tingkatkan Hasil Panen Padi dengan Pendampingan Inovatif

Sebarkan artikel ini

BONDOWOSO – Babinsa Desa Kembang, Serka Djewa, kembali menunjukkan dedikasinya dalam mendukung kesejahteraan petani lokal dengan melaksanakan pendampingan panen padi jenis Legowo di Dusun Lumbung, RT 08/RW 03. Kegiatan ini berlangsung di lahan seluas 250 m² milik Pak Haji Mukhid, seorang petani setempat yang terkenal dengan metode pertaniannya yang inovatif dan ramah lingkungan, Kamis (06/06/24).

Dalam kegiatan tersebut, Serka Djewa tidak hanya membantu dalam proses panen, tetapi juga memberikan arahan teknis kepada para petani mengenai metode tanam padi Legowo yang terbukti mampu meningkatkan hasil produksi. “Pendampingan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari tugas kami untuk mendukung ketahanan pangan di desa ini,” ujar Serka Djewa. Metode Legowo sendiri dikenal mampu meningkatkan jumlah rumpun padi per meter persegi, sehingga meningkatkan produktivitas panen.

Komandan Koramil 0822/01 Bondowoso Kapten Inf Basuki Rahmat, menyampaikan apresiasinya atas kinerja Babinsa dalam mendampingi petani. “Peran aktif Babinsa sangat penting dalam memastikan keberhasilan program-program pertanian yang digalakkan oleh pemerintah. Kehadiran mereka di tengah-tengah petani memberikan semangat dan pengetahuan baru yang sangat dibutuhkan,” katanya. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang terus mendorong peningkatan ketahanan pangan nasional.

Pak Haji Mukhid, pemilik lahan, juga merasa sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa. “Kami sangat bersyukur dengan pendampingan ini. Bapak Serka Djewa bukan hanya membantu secara fisik, tetapi juga memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami para petani,” ungkapnya. Ia berharap agar kegiatan semacam ini terus berlanjut, sehingga para petani di Desa Kembang bisa semakin maju dan sejahtera.

Dengan adanya pendampingan dari Babinsa, diharapkan produktivitas pertanian di Desa Kembang dapat terus meningkat. Kegiatan ini juga menjadi contoh bagaimana sinergi antara TNI dan masyarakat dapat memberikan dampak positif yang nyata. Serka Djewa dan para petani Desa Kembang telah membuktikan bahwa kerja sama yang baik akan membawa hasil yang maksimal, tidak hanya untuk kesejahteraan petani tetapi juga bagi ketahanan pangan nasional. (Yetno)

Berita

MALANG – Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.(Han)., melaksanakan kunjungan ke Universitas Brawijaya Malang, didampingi para Asisten Kasdivif…