Berita

Bagunan Jaringan Irigasi Balai Besar Bondowoso di Banyuwangi Tahun 2022 Ambrol Puluhan Meter

×

Bagunan Jaringan Irigasi Balai Besar Bondowoso di Banyuwangi Tahun 2022 Ambrol Puluhan Meter

Sebarkan artikel ini

BANYUWANGI – Bagunan saluran jaringan irigasi milik dinas pengairan propinsi di bawah naungan kantor balai besar pengairan Bondowoso Ambrol hingga panjang 15 meter,pada Jumat (1/2) sore hari.

Lokasi proyek yang berada di dusun Dam rejo,desa aliyan,kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Yang di kerjakan oleh pihak CV pada tahun 2022 kini dalam kondisi hancur.

Dari hasil pantauan awak media di tumpukan pondasi yang ambrol di duga proyek tersebut terindikasi lebih dominan bercampur tanah pada campuran materialnya. Sabtu (2/2/2024)

Menurut keterangan warga dusun damrejo WS mengatakan” seingat saya dulunyang mengerjakan CV nya dari genteng pada waktu dan bisa jadi ambrolnya Bagunan tersebut kurang nya pengawasan dan campuran materialnya,” ucapnya WS.

Lebih lanjut menurut WS menambahkan” beruntung meskipun Bagunanya ambrol beruntung beberapa pohon kelapa yang tepat di sisi nya tidak ikut terseret. Semisal ikut tumbang yang jelas kami yang akan menjadi korbannya, Karna melihat kondisi pohon kelapa terlihat jelas menggantung,”bebernya

Bagunan Jaringan Irigasi sendiri pada bagian dasar berdiameter kurang lebih 1 meter dan permukaan 60 cm dengan ketinggian hampir 4 meter tersebut di ketahui mengunakan sadaran yang tidak mencapai maksimal sehingga dugaan kuat menjadi pemicu ambrolnya Bagunan.

Menurut Budi warga desa aliyan menjelaskan bahwa seharusnya sandaran tersebut fil hingga maksimal.

“Harusnya sandaran nya pun ful ke atas dan bukan hanya separuh bagunan semata serta dari campuran material pun harus benar-benar sesuai dengan spesifikasi proyek.Jika di amati dari ambrolnya Bagunan tersebut lebih mengarah ada bentuk melalui pelaksana proyek sendiri,” ungkap Budi

Sementara pada bagian campuran Bagunan terpantau lebih mirip dengan bercampur tanah pada bagian dalam pondasi.

Hingga berita ini tayang tidak di ketahui dengan pasti pihak CV mana yang telah melaksanakan pekerjaan pada waktu. (Tim)