NewsTeknologi

Teknologi Kecerdasan AI Untuk Atur Lalu Lintas

×

Teknologi Kecerdasan AI Untuk Atur Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini
Teknologi Kecerdasan AI Untuk Atur Lalu Lintas
Teknologi Kecerdasan AI Untuk Atur Lalu Lintas

Teknologi Kecerdasan AI Untuk Atur Lalu Lintas – Kecerdasan buatan (AI) mengubah industri transportasi dalam banyak hal, serta dampaknya terhadap keselamatan para pengendara tidak dapat di sangkal. Penggunaan teknologi AI untuk atur lalu lintas merupakan sebuah pengembangan yang signifikan untuk meningkatkan keselamatan transportasi di seluruh dunia.

Ini hanyalah salah satu dari banyak cerita yang membuktikan bagaimana AI memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa dan menjaga semua jalan tetap aman. Sangat menyenangkan melihat bagaimana teknologi ini di gunakan dengan berbagai cara untuk meningkatkan keselamatan transportasi di seluruh dunia.

Berbagai Teknologi Ai Untuk Atur Lalu Lintas

Mungkin Anda berpikir dari mana asal semua mobil yang ada dan bagaimana jalan dan infrastruktur tersebut bisa menampung semuanya dengan lebih baik? Ya, ketika lalu lintas yang meningkat di jalan menjadi gangguan, itu dapat di kelola secara efisien menggunakan berbagai teknologi AI untuk atur lalu lintas yang kini sudah tersedia.

Lalu apa saja sih yang termasuk teknologi AI untuk atur lalu lintas ini? Maka dari itu artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana AI dapat digunakan untuk mengelola lalu lintas secara cerdas seperti yang di terapkan oleh berbagai manajemen lalu lintas di dunia.

Fleet Integration

Fleet Integration merupakan teknologi AI untuk atur lalu lintas yang pertama. Beberapa perusahaan besar seperti Geotab dan Azuga menggunakan AI untuk memantau kondisi kendaraan, mengidentifikasi potensi masalah, dan mengoptimalkan rute untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan.

Solusi manajemen bertenaga AI dari Geotab dapat mendeteksi dan memberi tahu manajer armada tentang masalah mesin yang kritis. Ini bisa berupa masalah ban, atau kode kesalahan mesin, sehingga mengurangi risiko kerusakan atau kecelakaan.

Sistem pemantauan perilaku pengemudi berbasis AI Azuga memberi pengemudi umpan balik waktu nyata tentang kebiasaan mengemudi mereka. Hal ini yang kemudian akan membantu mengurangi kemungkinan kecelakaan dan meningkatkan keselamatan secara keseluruhan.

Intelligent Traffic Management Systems

Tekhnologi Intelligent Traffic Management Systems (ITMS) adalah cara lain bagi AI untuk meningkatkan keselamatan transportasi. Perusahaan terkemuka seperti Yunex Traffic berada di garis depan dalam menggunakan ITMS untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas.

ITMS menggunakan data real-time untuk memantau kondisi lalu lintas, memprediksi kemacetan, dan mengoptimalkan arus lalu lintas. Teknologi ini memungkinkan manajemen lalu lintas yang lebih efisien, mengurangi risiko kecelakaan, dan meningkatkan keselamatan lalu lintas secara keseluruhan.

Teknologi Yunex dapat mendeteksi keberadaan pengemudi yang nakal dan mengaktifkan tanda peringatan atau sinyal lalu lintas, mencegah potensi tabrakan. Sungguh menakjubkan melihat bagaimana teknologi AI untuk atur lalu lintas ini membuat perbedaan nyata dalam mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan.

Assisted Driving Technologies

AI juga memainkan peran penting dalam teknologi mengemudi berbantuan, seperti peringatan keberangkatan jalur, cruise control adaptif, dan pengereman darurat otomatis. Sungguh menakjubkan bagaimana perusahaan besar di bidang ini, terutama Tesla, menggunakan teknologi AI untuk atur lalu lintas dalam meningkatkan keselamatan berkendara dan mencegah kecelakaan.

Sistem Autopilot Tesla di gunakan untuk menampilkan kamera, radar, dan sensor ultrasonik untuk mendeteksi kendaraan dan rintangan terdekat. Namun beberapa komponen tersebut kini lebih di fokuskan terutama pada sistem Autopilot berbasis kamera.

Tesla telah membuat peningkatan signifikan pada perangkat lunaknya untuk mengaktifkan fitur bantuan pengemudi lanjutan (ADAS). Teknologi self-driving ini menggunakan AI untuk menganalisis skenario lalu lintas yang rumit dan membuat keputusan berdasarkan informasi, memastikan keselamatan penumpang dan pengemudi lain di jalan.

Vehicle Inspections

AI juga memiliki dampak revolusioner di bidang pemeriksaan kendaraan. Proses pemeriksaan kendaraan tradisional dinilai memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan. Dengan integrasi sistem inspeksi bertenaga AI ini, kendaraan dapat di periksa dalam hitungan detik, memberikan tingkat akurasi dan presisi yang sebelumnya tidak dapat di capai dengan inspeksi manual.

Terdapat perusahaan yang juga menggunakan AI untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi pemeriksaan kendaraan yang mereka produksi. Sistem inspeksi otomatis menggunakan visi komputer canggih dan algoritme pembelajaran mesin untuk memindai setiap inci kendaraan dan memberikan laporan visual 360 derajat tentang kondisi kendaraan, termasuk kerusakan atau cacat apa pun.

Teknologi ini meningkatkan akurasi inspeksi dan memungkinkan teknisi mengidentifikasi masalah yang sebelumnya tidak di ketahui. Sistem inspeksi otomatis juga dapat membantu mencegah kecelakaan dan meningkatkan keamanan kendaraan secara keseluruhan dengan mendeteksi kerusakan dan potensi masalah sejak dini.

Internet of Things (IoT)

Ada yang mengartikan internet sebagai ‘jaringan objek yang saling terhubung dengan cepat yang dapat mengumpulkan dan bertukar data menggunakan sensor tertanam. Ini yang mendasari penggunaan AI untuk mendeteksi tabrakan mobil dan mengirim sinyal.

Jika, misalnya semua tiang lampu di jalan dihubungkan menggunakan IoT, sensor yang ada di teknologi ini dapat di gunakan untuk mendeteksi kecelakaan. Selain itu juga bisa di gunakan untuk berkomunikasi dengan otoritas jalan, polisi, dan fasilitas medis terdekat. Selain itu, IoT dapat digunakan untuk menyesuaikan durasi lampu hijau menurut kepadatan lalu lintas, bukan waktu yang ditetapkan.

Sistem Peramalan Kemacetan Lalu Lintas Cerdas

Jaringan saraf tiruan di definisikan sebagai, ‘Jaringan saraf buatan (JST). Teknologi AI untuk atur lalu lintas ini adalah sistem komputasi yang terinspirasi oleh jaringan saraf biologis yang membentuk otak hewan.’

Bentuk AI ini dapat digunakan untuk mengetahui kondisi lalu lintas di jalan, jangka panjang dan jangka pendek tergantung pada program. Teknologi ini jugadapat di gunakan untuk memandu pengemudi menghindari kemacetan, sehingga memastikan arus lalu lintas yang efisien.

Sistem Manajemen Sinyal Lalu Lintas Berbasis Sensor Cerdas

Sekolah di Jerman menggunakan bentuk AI ini untuk memastikan keamanan siswa yang menyeberang jalan. Ketika seorang siswa menekan tombol pada lampu lalu lintas yang menunjukkan bahwa mereka ingin menyeberang jalan, sebuah sensor pintar akan muncul.

Sensor ini akan mendeteksi jumlah orang yang ingin menyeberang dan menyesuaikan waktu lampu merah kendaraan untuk memastikan bahwa setiap siswa terakhir telah menyeberang jalan dengan aman sebelum berubah menjadi hijau. Menggunakan teknologi AI untuk atur lalu lintas ini tentu dapat mengurangi kecelakaan dan memastikan arus lalu lintas yang efisien.

Kesimpulan

Mendeteksi pengemudi yang melebihi kecepatan rata-rata, memantau lalu lintas dan beralih ke rute alternatif untuk menghindari kemacetan lalu lintas, membedakan kecelakaan dan mengirim bantuan, menginformasikan ambulans tentang rute tercepat ke rumah sakit terdekat, memastikan keselamatan pejalan kaki saat menyeberang jalan, mengurangi kebutuhan manusia.

Melakukan tugas seperti mengatur lalu lintas dan denda bagi pelanggar, mengurangi polusi dengan mengurangi jumlah kendaraan di jalan merupakan hal- hal yang dapat di lakukan AI jika di terapkan di dunia lalu lintas. Hadirnya teknologi AI untuk atur lalu lintas ini tentu akan sangat berguna jika di terapkan secara merata di masa mendatang.