Artikel dan UlasanDestinasiRagam

Bukit Jabal Kirmit, Savana Bondowoso ala Selandia Baru

×

Bukit Jabal Kirmit, Savana Bondowoso ala Selandia Baru

Sebarkan artikel ini
Bukit Jabal Kirmit
Bukit Jabal Kirmit, Savana Bondowoso ala Selandia Baru

PENANUSANTARA.ID – Bukit Jabal Kirmit bisa menjadi pilihan wisata menarik saat libur akhir tahun nanti. Bagaimana tidak, Jabal Kirmit memiliki panorama alam yang luar biasa menakjubkan. Hamparan perbukitan yang hijau dan luas membuat kawasan ini seolah seperti savana di Selandia Baru. Tak heran jika tempatnya kerap menjadi tujuan populer para pengunjung dari berbagai penjuru.

Bukit Jabal Kirmit dan Pesonanya

Bondowoso merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten dengan kepadatan penduduk 498 jiwa/km2 ini, berada di antara persimpangan jalur Kecamatan Besuki, Situbondo, dan Jember.

Bondowoso sendiri terbagi menjadi tiga wilayah utama. Meliputi bagian barat berupa kawasan pegunungan, sisi tengah dataran tinggi, sementara wilayah timur adalah perbukitan. Secara geografis, Bondowoso menjadi kabupaten di area “Tapal Kuda” yang tidak mempunyai garis pantai.

Kendati demikian, berada di wilayah pegunungan dan dataran tinggi tak begitu menyulitkan masyarakat. Pasalnya, mereka justru memiliki potensi untuk mengembangkan sejumlah daerah wisata potensial. Salah satunya yaitu Bukit Jabal Kirmit.

Jabal Kirmit telah lama menjadi destinasi wisata populer di Bondowoso. Tepatnya di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Lokasinya tak jauh dari area wisata Kawah Ijen, hanya berjarak sekitar 10 KM saja.

Seperti telah tertera sebelumnya, Jabal Kirmit menyimpan keindahan alam yang menakjubkan dan menarik untuk dijelajahi. Dari puncaknya, Anda bisa melihat hamparan rerumputan hijau dan langit biru mempesona saat cuaca cerah.

Meskipun akses ke bukitnya mungkin memerlukan sedikit usaha, namun perjalanan menuju puncaknya sebanding dengan pemandangan yang tersaji. Beberapa jalur hiking dan trekking tersedia untuk para pengunjung. Untuk tiba di lokasi, Anda bisa menggunakan sepeda motor atau naik jeep yang pengelola sediakan.

Aktivitas Seru di Jabal Kirmit

Bukit Jabal Kirmit dan Pesonanya

Selain menikmati pemandangan, Bukit Jabal Kirmit juga menjadi tempat ideal untuk melakukan berbagai macam kegiatan outdoor. Sebut saja foto-foto, ngevlog, trekking, hingga camping. Suasana sejuk dan udara segar membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Ketika datang ke sini bersama keluarga, Anda sebaiknya membawa perbekalan berupa makanan dan minuman. Pasalnya, terkadang penjual di sekitar Jabal Kirmit cukup terbatas. Sehingga upayakan antisipasi lebih awal supaya aktivitas liburan semakin seru.

Terdapat Lingkungan Peternakan yang Menarik

Jika di perbukitan Selandia Baru penuh dengan domba, maka di Jabal Kirmit juga ada peternakan khusus. Anda bisa menjumpai peternakan kijang dan kuda di sekitarnya. Para peternak memang biasa membiarkan hewan peliharaannya berkeliaran untuk mencari makan di savana Jabal Kirmit.

Pengunjung berkesempatan merasakan kehidupan peternakan lokal dan bersua dengan hewan-hewan tersebut, untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Meski begitu, pastikan tidak mengganggu kenyamanan para hewan yang ada di sana.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Jabal Kirmit

Pada dasarnya, objek wisata Bukit Jabal Kirmit buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga jika ingin ke sini dari pagi hingga malam sangat bisa Anda lakukan. Di momen-momen tertentu, para pengunjung sengaja datang bersama rombongan untuk camping.

Untuk harga tiketnya sendiri, Anda hanya perlu membayar TPR ketika memasuki kawasan wisata Kawah Wurung. Kebetulan Jabal Kirmit masih termasuk ke dalam kawasan wisata tersebut. Pasalnya, bukit ini belum secara resmi dikelola sebagai objek wisata terpisah oleh pemerintah setempat.

Selain itu, untuk memudahkan pencarian lokasi, Anda sebaiknya menggunakan GPS dengan rute Kawah Wurung. Karena beberapa pengunjung tidak bisa mengakses Bukit Jabal Kirmit melalui maps. Nantinya, pengelola wisata di kawasan tersebut akan membantu menunjukkan arah. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat!

(*/Siska)