Artikel dan UlasanTeknologi

Cara Pindahkan WA dari Android ke iPhone Tanpa Hilang Chat

×

Cara Pindahkan WA dari Android ke iPhone Tanpa Hilang Chat

Sebarkan artikel ini
Cara Pindahkan WA dari Android ke iPhone
Cara Pindahkan WA dari Android ke iPhone

PENANUSANTARA.ID – Cara Pindahkan WA dari Android ke iPhone Tanpa Hilang Chat, Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh sebagian orang.

Karena itu, jika ingin berganti handphone terlebih dari android ke iphone harus memperhatikan chat wa agar data yang kita punya tidak hilang.

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang dari berbagai platform. Pembahasan kali tentang bagaimana Cara Pindahkan WA dari Android ke iPhone Tanpa Hilang Chat. Berikut ini ulasannya:

Cara Pemindahkan WA dari Android ke iPhone Tanpa Hilang Chat

Jika Anda berencana untuk beralih dari ponsel Android ke iPhone, Anda mungkin merasa khawatir tentang bagaimana cara memindahkan chat WhatsApp Anda tanpa kehilangan data.

Meskipun prosesnya sedikit rumit, dengan panduan ini, Anda dapat dengan mudah memindahkan riwayat chat WhatsApp Anda dari Android ke iPhone tanpa kerugian apa pun.

  1. Backup Chat WhatsApp di Ponsel Android Anda

Langkah pertama adalah melakukan backup chat WhatsApp di ponsel Android Anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.
  • Klik ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas untuk membuka menu.
  • Pilih “Pengaturan” dan kemudian pilih “Chat”.
  • Di bawah opsi “Backup chat”, ketuk “Cadangkan” untuk memulai proses pencadangan.
  • Pastikan Anda telah terhubung ke Wi-Fi dan pastikan pula memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan file backup.
  1. Pindahkan Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Setelah Anda berhasil mencadangkan chat WhatsApp di ponsel Android, saatnya untuk memindahkan data ke iPhone. Untuk langkah ini, Anda akan membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama “WazzapMigrator”. Ikuti panduan di bawah ini:

  • Unduh aplikasi “WazzapMigrator” dari App Store di iPhone Anda.
  • Hubungkan ponsel Android ke komputer Anda dan salin folder “Database” dari penyimpanan ponsel Android ke komputer Anda. Pastikan untuk menyimpan folder ini di tempat yang mudah diakses.
  • Sambungkan iPhone ke komputer Anda menggunakan kabel USB.
  • Buka aplikasi iTunes di komputer Anda. Pilih iPhone Anda dari ikon perangkat yang terletak di bagian atas jendela iTunes.
  • Di tab “Ringkasan” iPhone, cek opsi “Enkripsi backup lokal” dan buat kata sandi untuk backup. Ini diperlukan agar chat WhatsApp dapat dipulihkan ke iPhone.
  • Jika diminta, lakukan backup lengkap iPhone Anda ke iTunes.
  • Setelah backup selesai, buka iTunes dan temukan file backup Anda. Biasanya berada di direktori berikut:
    – Di Windows: C:\Users\Apple\MobileSync\Backup\
    – Di Mac: ~/Library/Application Support/MobileSync/Backup/
    – Temukan folder yang sesuai dengan iPhone Anda (periksa tanggal dan waktu pembuatan backup terbaru) dan buka folder tersebut.
    – Salin folder “ChatStorage.sqlite” dari folder “Database” Android yang Anda salin sebelumnya ke dalam folder dengan nama panjang acak di folder backup iPhone. Pastikan untuk menimpa file yang ada.
    – Buka aplikasi “WazzapMigrator” di iPhone Anda dan pilih opsi untuk mengimpor dari iTunes.
    – Masukkan kata sandi backup yang telah Anda buat di iTunes.
    – Proses pemulihan akan dimulai. Setelah selesai, semua chat WhatsApp Anda akan dipulihkan ke iPhone dari ponsel Android.
  1. Verifikasi Nomor WhatsApp di iPhone

Setelah proses pemulihan selesai, saatnya untuk memverifikasi nomor WhatsApp Anda di iPhone:

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone Anda.
  • Verifikasi nomor telepon Anda dengan kode yang dikirim melalui SMS.
  • Setelah verifikasi selesai, WhatsApp akan menawarkan untuk mengembalikan chat dari backup. Pilih opsi untuk mengembalikan chat.

Setelah selesai, Anda akan memiliki semua riwayat chat WhatsApp Anda dari ponsel Android di iPhone Anda. Selamat menikmati pengalaman WhatsApp di perangkat baru Anda tanpa kehilangan data berharga!