Berita

Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Malang Gelar Apel Pergeseran Pasukan

×

Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Malang Gelar Apel Pergeseran Pasukan

Sebarkan artikel ini

MALANG – Polres Malang menggelar apel pergeseran pasukan di halaman Polres Malang pada Senin (12/2/2024). Apel ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan pengamanan tahap pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Malang.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, memimpin langsung jalannya apel yang diikuti oleh seluruh personel Polri yang terlibat dalam pengamanan tempat pemungutan suara (TPS). Total sebanyak 540 personel turut serta dalam pelaksanaan apel ini, yang juga melibatkan pengecekan perlengkapan kesiapan.

Dalam amanatnya, Kapolres Malang menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh anggota yang terlibat, termasuk jajaran penyelenggara, pengawas pemilu, pemerintah Kabupaten Malang, unsur TNI, dan seluruh komponen masyarakat. Kapolres memberikan apresiasi kerja keras seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk menjaga kondusifitas situasi di Kabupaten Malang hingga saat ini.

“Sampai dengan selesainya tahapan pemungutan dan penghitungan suara, situasi tetap harus kita kawal, kita jaga, agar tetap aman, lancar, dan kondusif seperti saat ini,” ucap AKBP Putu Kholis di Polres Malang, Senin (12/2).

Kapolres juga menekankan pentingnya persiapan menyeluruh menghadapi masa puncak pemilu. Dengan jumlah TPS sebanyak 7.278 di wilayah kerja Polres Malang, ia menyebutkan bahwa 7.263 TPS dapat dikelola dengan baik dari segi keamanan.

Berdasarkan data pemantauan terdapat 15 TPS yang memerlukan upaya lebih serius karena adanya indikasi kerawanan geografis, termasuk faktor cuaca dan kondisi alam. Namun demikian Polres Malang juga mendapatkan bantuan pengamanan sebanyak satu satuan setingkat peleton dari Ditsamapta Polda Jatim.

Peleton tersebut akan disiagakan dan diperbantukan sesuai kebutuhan, termasuk dalam kegiatan patroli untuk mengantisipasi potensi isu-isu yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024.

“Kita harus persiapkan betul agar seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan dengan lancar. Dua hari lagi, kita memasuki masa krusial, masa puncak pemungutan dan penghitungan suara. Mari kita jaga keamanan dengan baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, ucapan terima kasih disampaikan kepada Ketua KPU yang telah menjalankan seluruh tahapan dengan baik, dan apresiasi juga diberikan kepada Ketua Bawaslu atas kerjasama yang telah terjalin. Semua pihak diharapkan terus mendukung kelancaran dan keberhasilan Pemilu 2024.

AKBP Putu juga mengingatkan seluruh personel untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh, terutama menjelang tahapan puncak pemilu. Salah satu saran yang disampaikan adalah menjaga pola makan dan meningkatkan konsumsi air putih.

“Mari kita jaga kesehatan dan kondisi agar tetap fit selama tahapan puncak ini. Pola makan yang baik dan cukup minum air putih adalah kunci mudah untuk menjaga kesehatan. Ngopi boleh, tapi secukupnya,” tandasnya. (hms/dwi)