Berita

Dalam Waktu Dekat lsm KPK Nusantara Adukan Dugaan Pungli Perangkat RW Ke Pihak APH

×

Dalam Waktu Dekat lsm KPK Nusantara Adukan Dugaan Pungli Perangkat RW Ke Pihak APH

Sebarkan artikel ini

BANYUWANGI – Adanya dugaan pungli yang di lakukan oleh salah satu perangkat desa Sempu,kecamatan Sempu,kabupaten Banyuwangi, yang menjabat sebagai Rukun Tetangga (RW) berkedok perawatan lampu penerangan jalan umum mendapat tanggapan serius dari lembaga swadaya masyarakat (Lsm KPK N).

Setelah di lakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan SL selaku RW oleh kades Sempu Nanang santoso di depan awak media. SL mengaku benar adanya telah meminta iuran kepada warga sebesar Rp 5000 per kepala keluarga (KK) dari sebanyak 20 KK per bulan tanpa ada di dalam peraturan desa (Perdes).

SL mengatakan” iuran tersebut sudah atas persetuan bersama warga dan di kelola oleh remaja itu sendiri, bahkan saya juga sering temblong,” jelas singkat SL di depan kades Sempu.(27/2/2023)

Namun dari keterangan Sl sendiri belum dapat memberikan bukti bahwa iuran Rp 5000 tersebut atas kesepakatan bersama warga sekitar.

” Kalau untuk iuran tersebut sudah atas kesepakatan bersama warga, kalau tidak mari langsung bertemu warga,”dalihnya

Sementara kades Sempu Sempu menjelaskan bahwa di lakukan sang RW diluar sepengetahuannya bahkan itu tidak perdesnya.

“Adanya iuran tersebut boleh+boleh saja asal di lakukan secara aturan, melakukan penyampaian akan adanya penarikan iuran kepada pihak pemdes, sehingga nanti akan kami kaji bersama-sama dan di buatkan perdesnya, agar, memliki payung hukum dan tidak terkesan pungutan liar,”jelasnya

Dari hasil klarifikasi tersebut kades Sempu meminta kepada pihak SL agar tidak melanjutkan penarikan iuran tersebut untuk sementara waktu.

“Untuk sementara waktu penarikan iuran tersebut di berhentikan dan segera saya koordinasikan dengan pihak kadus maupun BPD,”himbau Kades Nanang

Penarikan iuran berdalih pemeliharaan lampu penerangan jalan yang di lakukan SL justru di nilai ada nya pungli yang berpotensi pidana, hal itu di sampaikan anggota LSM kpk Nusantara M.D Munawar. Minggu (3/3/2024)

“Kalau memang kronologinya demikian maka adanya potensi pungli yang di lakukan perangkat desa sebagai RW tersebut. Dan hal itu akan menjadi tamparan bagi pemdes Sempu. Sehingga dalam waktu dekat pihak LSM kpk nusantara segera berkirim surat aduan kepada Polsek Sempu dan tembusan Polresta Banyuwangi, Karna ini sudah domene APH,”pungkas nya (tim)