Berita

Danpos Bersama Babinsa Laksanakan Pendampingan Penyemprotan untuk Cegah Penyakit Cikungunya di Desa Pengarang

×

Danpos Bersama Babinsa Laksanakan Pendampingan Penyemprotan untuk Cegah Penyakit Cikungunya di Desa Pengarang

Sebarkan artikel ini

BONDOWOSO – Dalam upaya proaktif melindungi kesehatan masyarakat, Sertu Jauhari dan Peltu Wiwit Danpos Ramil Jambesari Kodim 0822 Bondowoso, bersama dengan tenaga kesehatan setempat, melaksanakan kegiatan pendampingan penyemprotan di Desa Pengarang. Kegiatan ini diinisiasi sebagai langkah preventif untuk mencegah penyebaran penyakit cikungunya di wilayah tersebut. (18/01/24)

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Sertu Jauhari dan Peltu Wiwit bersama turut serta membantu dan memastikan proses penyemprotan dilakukan secara merata dan menyeluruh di seluruh lingkungan desa. Mereka juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai langkah efektif dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebab penyakit.

Dalam keterangannya, Sertu Jauhari menyampaikan, “Kami dari Pos Ramil Jambesari berkomitmen untuk selalu mendukung kegiatan kesehatan masyarakat. Kali ini, kami fokus pada pencegahan penyakit cikungunya dengan melakukan penyemprotan secara intensif. Semoga langkah-langkah ini dapat membantu masyarakat Desa Pengarang dalam menjaga kesehatan mereka.”

Peltu Wiwit menambahkan, “Peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam upaya pencegahan ini. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, menghindari tempat-tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk, dan mendukung kegiatan-kegiatan kesehatan seperti ini.”

Selain personel TNI, kegiatan penyemprotan ini juga melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Jambesari. Para nakes (tenaga kesehatan) memberikan informasi kepada masyarakat terkait gejala cikungunya dan cara pencegahannya, serta menanggapi pertanyaan atau kekhawatiran yang mungkin dimiliki warga.

Lettu Inf Rahmat Wahyuhan menyatakan apresiasi terhadap kolaborasi yang terjalin antara TNI dan tenaga kesehatan. “Kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Semoga dengan pendampingan penyemprotan ini, dapat mengurangi risiko penularan penyakit cikungunya di Desa Pengarang dan sekitarnya,” ucap Danramil Tamanan Lettu Inf Rahmat Wahyuhan.

Pendampingan penyemprotan ini dijadwalkan akan menjadi agenda rutin, sehingga keberlanjutan upaya pencegahan penyakit dapat terus dilakukan secara maksimal di wilayah Kecamatan Jambesari, Kabupaten Bondowoso. (Rudi)