Berita

Dukung Keselamatan Berlalu Lintas, Kapolres Malang Apresiasi Kanjuruhan Street Race

×

Dukung Keselamatan Berlalu Lintas, Kapolres Malang Apresiasi Kanjuruhan Street Race

Sebarkan artikel ini

MALANG – Di tengah semangat untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas di Kabupaten Malang, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, menggelar upacara penghargaan yang berlangsung di halaman Mapolres Malang pada Rabu (21/2/2024).

Acara tersebut menjadi momentum penting bagi Kapolres Malang untuk memberikan penghargaan kepada personel Polri serta masyarakat yang telah turut berperan serta dalam upaya menjaga keselamatan berlalu lintas.

Salah satu yang mendapat penghargaan adalah pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Malang, yang diberikan secara langsung kepada pengurus IMI, Andika Fajar Kurniawan dan Dony DKMS. Mereka diapresiasi karena berkontribusi dalam menciptakan Kanjuruhan Street Race, sebuah event yang dinilai efektif dalam mencegah aksi balap liar di wilayah tersebut.

“Kanjuruhan Street Race merupakan wadah yang sangat baik untuk bisa kita hilangkan stigma balap liar yang mengganggu dan membahayakan pengguna jalan lain,” ungkap AKBP Putu Kholis Aryana di Polres Malang, Senin (18/3).

Menurut Kapolres, upaya pendekatan kepada komunitas atau pemuda yang memiliki minat di bidang adu kecepatan telah dilakukan sejak bulan Desember. Pendekatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menemukan solusi yang lebih efektif dalam menangani masalah keselamatan lalu lintas.

Lebih lanjut, Kapolres menyatakan bahwa pendekatan persuasif lebih diutamakan daripada tindakan keras seperti razia, yang dianggap tidak efektif dalam menyelesaikan masalah. Upaya ini diharapkan mampu mengubah perilaku dan meningkatkan kesadaran masyarakat secara menyeluruh.

“Man behind Machine, bagaimana kita bisa menata dan menyadarkan perilakunya dengan cara-cara yang lebih bisa diterima oleh Masyarakat,” imbuhnya.

Dalam upacara penghargaan tersebut, Kapolres Malang juga memberikan apresiasi kepada personel Kepolisian dan masyarakat yang turut serta membantu tugas kepolisian. Total penerima penghargaan mencapai 220 orang, dengan 225 personel Polri yang mendapat apresiasi di berbagai bidang prestasi sesuai dengan tugas masing-masing.

Selain itu, ada juga penghargaan yang diberikan kepada 7 masyarakat, 4 ASN, serta 4 pekerja harian lepas yang aktif dalam membantu tugas kepolisian.

Kapolres AKBP Putu mengakhiri sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada para penerima penghargaan, sembari berharap bahwa keberhasilan mereka dapat menjadi semangat untuk personel yang lain dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berterima kasih atas upaya rekan-rekan termasuk masyarakat yang mendapatkan penghargaan hari ini, mudah-mudahan bisa menjadi teladan bagi rekan kami yang lain. Terima kasih,” tutupnya.

Dengan penghargaan ini, diharapkan semangat untuk menjaga keselamatan berlalu lintas di Kabupaten Malang terus berkobar, serta semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam upaya tersebut. (hms/dwi)