Berita

Forkopimda Lampung Selatan Gelar Roadshow Proyek Cetak Generasi Unggul, Hj. Winarni: Ciptakan Zero Stunting

×

Forkopimda Lampung Selatan Gelar Roadshow Proyek Cetak Generasi Unggul, Hj. Winarni: Ciptakan Zero Stunting

Sebarkan artikel ini

Lampung Selatan – Ketua tim percepatan penurunan stunting (TPPS) Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto laksanakan Road Show di lapangan Bbj Desa Bakauheni Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Jum’at Sore. (07/06/2024).

Bunda Hj. Winarni Nanang Ermanto bersama rombongan tim TPPS Kabupaten Lampung Selatan disambut dengan begitu meriah oleh Camat Bakauheni Furqonuddin dan jajaran, Kepala Desa Bakauheni Sukirno dan perangkat Desa Bakauheni Forkopimcam Bakauheni dan jajaran anggota, Uspika Kecamatan Bakauheni UPT di Kecamatan Bakauheni ibu ibu tim penggerak PKK sekecamatan Bakauheni, Kader Kesehatan, Kader Posyandu, Korluh, anak anak PAUD, TK, SD, SMP dan Tokoh Adat Lampung Penyimbang Saptoni.

Dalam kesempatan itu Bunda Hj. Winarni menyampaikan tujuan roadshow tersebut adalah untuk memonitoring dan evaluasi kondisi penerima manfaat dalam upaya percepatan penurunan stunting

“Roadshow ini untuk mengukur dan mengevaluasi capaian kinerja yang telah dilakukan di tahun lalu dan memetakan apa yang menjadi kekurangan yang ada untuk kemudian mencari solusi atas permasalah tersebut,” ucap Bunda Hj. Winarni

Lebih lanjut terang Bunda Hj. Winarni mengatakan, kegiatan roadshow itu juga untuk menindaklanjuti hasil pendampingan Tim Pendamping Keluarga (TPK), maka dilakukan upaya dengan kegiatan intervensi pencegahan stunting secara merata di seluruh Desa dan Kecamatan melalui Audit Kasus Stunting (AKS) Semesta.

“Jadi kegiatan ini bukan hanya mendengarkan saya bicara. Tetapi kita bersama-sama saling berdiskusi, bermusyawarah memberikan informasi dan masukan terhadap persoalan stunting,” jelas Bunda Hj. Winarni.

Bunda Hj. Winarni menyatakan, kegiatan roadshow yang dilakukan selama ini sangat penting makanya terus dilanjutkan juga telah menunjukkan keberhasilan. Dimana, Kabupaten Lampung Selatan terjadi penurunan angka prevalensi stunting menjadi 9,9 persen.

Trending :
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Malang Gelar Bakti Religi Bersihkan tempat Ibadah

“Kita berusaha bersama agar Lampung Selatan akan mendapatkan predikat zero stunting. Sehingga tidak ada lagi kasus stunting baru yang terjadi di Lampung Selatan ini,” kata Winarni.

Pada Road Show di Kecamatan Bakauheni ini Bunda Hj. Winarni menyampaikan apresiasi dan pujiannya. Di Kecamatan Bakauheni Road Show ini sangat terkesan dengan penyambutan dan antusias kader kader dan warga serta laporan yang di sampaikan oleh ibu Kadis PLKB juga penyampaian inovasi inilah, yang sering kita sampaikan sesuai arahan Bupati.

“Semua Desa dan Kecamatan harus bisa berinovasi untuk bagaimana menyelesaikan kendala kendala yang ada di tingkat Kecamatan maupun di Desa Bakauheni“. Puji bunda Winarni diiringi tepuk tangan hadirin.

Dilain pihak Kepala Dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana Lampung Selatan(PLKB), Rika Wati menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut sangat penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan penilaian kinerja program dan kegiatan pelaksanaan proyek cetak generasi unggul di Kecamatan.

“Pembuat kebijakan dapat merencanakan program dan kebijakan yang tepat untuk percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Selatan,” Ucap Rika Wati.

Menurutnya, upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting melalui proyek cetak generasi unggul di kecamatan Bakauheni capaian tahun 2023 angka prevaleri Stunting di Kecamatan Bakauheni, Tahun 2022 yaitu sebesar 1,14 persen tahun 2023 yaitu sebesar 0,8 persen dan di tahun 2024 untuk mencapai target yaitu sebesar 0,2 persen.

Adapun upaya yang dilakukan di tahun 2023 yang pertama satu kondisi tata kelola percepatan penurunan stunting tim TPS Kecamatan dan Desa bersama-sama menyusun rencana kerja secara terintegrasi dua sasaran kegiatan bumil yaitu sebanyak 451 orang balita sebanyak 1.617 orang keluarga beresiko stunting sebanyak 28 orang upaya yang diberikan

Trending :
Kepala SDN 3 Way Urang Apresiasi Siswi Kelas 6 Raih Emas Saburai Cup XV 2024

“Dalam rangka pencegahan stunting yang pertama yaitu pemberian PMP pada balita dan ibu hamil 2 minggu penyimpanan pada balita 3 sanitasi dan PHBS 4 melaksanakan latihan secara terintegrasi bersama instansi terkait pada keluarga beresiko stunting dengan 5 kegiatan penyuluhan secara terpadu,” sebutnya Kadis PLKB Lampung Selatan Rika Wati.

Dalam rangkaian acara Roadshow Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan, Hj.Winarni mengukuhkan puluhan kader di Kecamatan Bakauheni dan sekaligus memberikan bingkisan bantuan serta piagam penghargaan kepada beberapa kader termasuk KUPT puskesmas Rawat Inap Kecamatan Bakauheni yang diterima oleh Dr. Paul Neman. (mdn)

Berita

MALANG – Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.(Han)., melaksanakan kunjungan ke Universitas Brawijaya Malang, didampingi para Asisten Kasdivif…