Berita

Ganggu Kenyamanan Warga, Polres Situbondo Amankan 9 Motor Protolan dan Berantas Balap Liar

×

Ganggu Kenyamanan Warga, Polres Situbondo Amankan 9 Motor Protolan dan Berantas Balap Liar

Sebarkan artikel ini
Polres Situbondo
Polres Situbondo Amankan 9 Motor Protolan (doc. humas)

SITUBONDOPolres Situbondo Polda Jatim merespons cepat keluhan masyarakat saat acara Jumat Curhat di wilayah hukum Polsek Besuki. Warga merasa resah terhadap adanya balap liar dan suara bising sejumlah motor berknalpot brong.

Menyikapi hal ini, Patroli Blue Light ditingkatkan oleh Polres Situbondo dan Polsek jajarannya guna mencegah kegiatan balap liar dan tindak kriminal di jalanan.

Patroli ini dipimpin oleh Kapolsek Besuki AKP H. Abdullah, didampingi beberapa unit diantaranya Kanit Propam, Kanit Intelkam, Kanit Samapta, dan personel Patroli Pos Lantas Besuki.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kasat Lantas AKP Tutud Yudho Prastyawan, S.H. mengungkapkan bahwa 9 sepeda motor diamankan dalam operasi tersebut. Pasalnya, tidak memenuhi standar teknis, berknalpot modifikasi atau brong, tidak dilengkapi dengan spion dan tanda nomor kendaraan, serta menggunakan ban yang tidak sesuai.

AKP Yudho juga menyebut bahwa pengendara yang kebanyakan remaja itu tidak memiliki SIM atau surat kendaraan bermotor. “Mereka akan kami data diberikan pembinaan, dan dikenakan sanksi tilang agar tak mengulangi pelanggaran,” ujarnya, Senin (13/11/2023).

Polisi juga menghimbau orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka, mencegah penggunaan motor pada jam malam, dan mencegah modifikasi tak sesuai aturan, seperti knalpot brong, yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat.

(*/humas)