Artikel dan UlasanRagam

Geosite Lava Blawan: Wisata Air Terjun Mini di Tengah Keindahan Alam

×

Geosite Lava Blawan: Wisata Air Terjun Mini di Tengah Keindahan Alam

Sebarkan artikel ini
Geosite Lava Blawan
Geosite Lava Blawan, Wisata Air Terjun Mini di Tengah Keindahan Alam (Foto: Rudi)

BONDOWOSO – Lokasi wisata yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen adalah Geosite Lava Blawan atau yang lebih dal sebagai air terjun Niagara Mini. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan tinggi sekitar 6 meter. Nama “Geosite Lava Blawan” diberikan karena terletak di sekitar batuan lava basaltis yang menghalangi aliran sungai utama yang berasal dari dinding utara kaldera, dengan yang terdekat berada di lereng selatan Desa Pedati.

Perjalanan menuju Geosite Lava Blawan ini tidaklah sulit, dan setibanya di lokasi, wisatawan akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan. Terletak di tengah-tengah taman, wisata ini memberikan atmosfer yang tenang dan menyegarkan bagi pengunjung.

Salah satu ciri khas Geosite Lava Blawan adalah karakteristik batuan lava vesikuler yang membentuk relief tidak rata. Hal ini menciptakan efek riak pada air yang mengalir deras, memberikan kesan seolah-olah kita berada di air terjun Niagara. Keindahan alam yang menakjubkan ini membuat tempat ini sangat cocok untuk mengabadikan momen lewat berbagai spot foto menarik.

Selain spot foto yang menarik, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Terdapat kafe yang menyajikan hidangan lezat serta pemandian air panas yang menenangkan. Tersedia pula musala dan toilet bagi pengunjung yang membutuhkannya.

Untuk menikmati semua fasilitas yang ditawarkan Geosite Lava Blawan, pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp. 8.000. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB. Sementara itu, pengunjung yang datang dengan sepeda motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000, sementara untuk mobil biayanya adalah Rp. 4.000.

Geosite Lava Blawan menjadi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan memanjakan mata. Keindahan alam yang dipadukan dengan fasilitas yang memadai menjadikan tempat ini sebagai pilihan yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Jadi, jika Anda sedang berada di wilayah Desa Kalianyar, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Geosite Lava Blawan dan merasakan keajaiban alamnya sendiri.

(*/Redaksi)