Artikel dan UlasanEdukasiOtomotif

Ingin Ban Mobil Makin Awet? Simak Deh 7 Kesalahan Umum dalam Merawat Ban yang Harus Kamu Hindari!

×

Ingin Ban Mobil Makin Awet? Simak Deh 7 Kesalahan Umum dalam Merawat Ban yang Harus Kamu Hindari!

Sebarkan artikel ini
7 Kesalahan Umum dalam Merawat Ban
Sumber Gambar Otoblitz

PENANUSANTARA.ID – Jangan biarkan banmu terabaikan! Dengan merawat ban yang tepat, kamu bisa menghindari 7 kesalahan umum dalam merawat ban. Merawat ban mobil merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan agar ban tetap awet dan performa mobil tetap optimal. Namun, seringkali kita melakukan kesalahan dalam merawat ban yang justru dapat memperpendek umur ban. Nah, kali ini kita akan membahas 7 kesalahan umum dalam merawat ban yang harus kamu hindari. Yuk simak!

7 Kesalahan Umum dalam Merawat Ban yang Harus Kamu Hindari!

1. Tidak Memperhatikan Tekanan Udara

Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah tidak memperhatikan tekanan udara dalam ban. Tekanan udara yang kurang atau berlebihan dapat mempengaruhi performa ban dan juga konsumsi bahan bakar mobil. Pastikan kamu selalu memeriksa tekanan udara ban secara rutin dan mengisinya sesuai dengan rekomendasi pabrik.

2. Melakukan Pengereman Mendadak

Kesalahan kedua adalah melakukan pengereman mendadak. Pengereman mendadak dapat menyebabkan ban terkunci dan menggores permukaan ban pada jalan. Selain itu, pengereman mendadak juga dapat membuat ban aus lebih cepat. Lakukan pengereman secara perlahan dan hindari pengereman mendadak yang tidak perlu.

3. Tidak Melakukan Rotasi Ban Secara Teratur

Rotasi ban merupakan langkah penting dalam merawat ban mobil. Tidak melakukan rotasi ban secara teratur dapat membuat ban aus tidak merata. Pastikan kamu melakukan rotasi ban setiap 8.000-10.000 km atau sesuai dengan rekomendasi pabrik. Dengan melakukan rotasi ban, kamu dapat memperpanjang umur ban dan juga mengoptimalkan performa mobil.

4. Tidak Memperhatikan Kondisi Jalan

Kondisi jalan yang buruk dapat membuat ban aus lebih cepat. Lubang-lubang di jalan dapat merusak permukaan ban dan juga menyebabkan ban pecah. Hindari jalan yang rusak atau berlubang jika memungkinkan. Jika tidak bisa dihindari, pastikan kamu mengurangi kecepatan saat melewati jalan yang rusak.

5. Tidak Membersihkan Ban Secara Rutin

Kotoran seperti lumpur, debu, dan kerikil dapat menempel pada permukaan ban dan menyebabkan ban menjadi aus lebih cepat. Pastikan kamu membersihkan ban secara rutin menggunakan sikat dan air sabun. Selain itu, juga penting untuk membersihkan sela-sela ban agar tidak ada kotoran yang menumpuk.

6. Tidak Memperhatikan Bobot Muatan

Kesalahan lainnya adalah tidak memperhatikan bobot muatan saat mengendarai mobil. Memuat mobil melebihi kapasitas maksimal dapat membuat ban bekerja lebih keras dan aus lebih cepat. Pastikan kamu memperhatikan bobot muatan yang diizinkan dan tidak melebihi batas maksimal yang ditentukan.

7. Menggunakan Ban dengan Profil yang Tidak Sesuai

Terakhir, menggunakan ban dengan profil yang tidak sesuai juga dapat mempengaruhi performa ban dan umur ban. Pastikan kamu menggunakan ban dengan profil yang sesuai dengan penggunaan mobil. Jika kamu sering mengendarai mobil di jalan berlumpur atau berbatu, pilihlah ban dengan profil yang lebih kasar agar lebih tahan lama.

Itulah 7 kesalahan umum dalam merawat ban mobil yang harus kamu hindari. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, kamu dapat memperpanjang umur ban dan juga mengoptimalkan performa mobil. Jadi, jangan lupa untuk selalu merawat ban mobil dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat merawat ban mobil!