Artikel dan Ulasan

Jangan Sampai Salah, Kenali Perbedaan 5 Jenis Surat Suara pada Pemilu 2024

×

Jangan Sampai Salah, Kenali Perbedaan 5 Jenis Surat Suara pada Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

SITUBONDO – Pada ajang Pemilihan Umum tahun 2024, masyarakat akan dihadapkan pada beberapa surat suara yang akan di coblos. Contohnya ialah surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota.

Penting untuk memahami fungsi warna-warna pada surat suara, seperti warna surat suara untuk presiden dan wakil presiden serta warna surat suara untuk anggota DPR. Dengan pemahaman ini, pemilih dapat lebih mudah menentukan pilihannya dan memastikan suaranya terhitung dengan benar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jenis surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2024, tanggal 14 Februari 2024, simak penjelasan selengkapnya yang telah dirangkum Penanusantara.id dari berbagai sumber,

1. Surat Suara Abu-Abu
Surat suara berwarna abu-abu digunakan untuk memilih pasangan capres dan cawapres. Terdiri dari foto pasangan calon, nama pasangan calon, nomor urut pasangan calon, serta tanda gambar partai politik atau gabungan partai politik pengusung pasangan calon.

2. Surat Suara Kuning
Surat suara berwarna kuning digunakan untuk memilih anggota DPR RI. Isinya mencakup tanda gambar partai politik, nomor urut partai politik, dan nomor urut beserta nama calon anggota DPR.

3. Surat Suara Merah
Surat suara berwarna merah digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Hanya terdapat dua bagian, yaitu nomor urut dan foto/nama calon anggota DPD.

4. Surat Suara Biru
Surat suara berwarna biru diperuntukkan pada pemilihan anggota DPRD provinsi. Berisi tanda gambar partai politik, nomor urut partai politik, serta nomor urut dan nama calon anggota DPRD provinsi.

5. Surat Suara Hijau
Surat suara hijau digunakan untuk memilih anggota DPRD kabupaten/kota. Terdiri dari tanda gambar partai politik, nomor urut partai politik, dan nomor urut beserta nama calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Sangat penting untuk masyarakat agar dapat memahami perbedaan warna pada surat suara Pemilu tahun 2024 guna menghindari kesalahan pada saat pencoblosan. Semoga penjelasan ini dapat berguna dan bermanfaat.

Penulis : Rama