Bisnis

Jelang Masa Tenang Pemilu 2024, CFD di Situbondo Tetap Berjalan dengan Syarat

×

Jelang Masa Tenang Pemilu 2024, CFD di Situbondo Tetap Berjalan dengan Syarat

Sebarkan artikel ini

SITUBONDO – Memasuki masa tenang pemilu 2024, semua partai politik mulai tanggal 11 – 14 Februari sudah tidak boleh melakukan aktifitas apapun, termasuk kampanye di media sosial pun wajib berhenti.

Tetapi khusus kegiatan Car Free Day di Situbondo tetap bisa dilaksanakan, dengan syarat tidak ada hiburan, seperti senam dan musik musik, hal ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas di masa tenang tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Situbondo, Edi Wiyono, saat dikonfirmasi. Jum’at (09/02/2024) siang.

Menurutnya, kegiatan car free day yang dilaksanakan setiap hari minggu sekali di sepanjang jalan pantura PB Sudirman, walaupun pada hari tersebut masuk tahapan hari tenang pemilu 2024.

“Walaupun berjualan di CFD itu diizinkan jangan sampai kemudian pedagang yang berjualan di car Free day ini memanfaatkan massa yang datang untuk kepentingan berkampanye memenangkan caleg atau calon Presiden tertentu.

“Jadi selama hari tenang persisnya tanggal 11-13 Februari itu tidak diperbolehkan berkampanye dalam bentuk apapun, oleh sebab itu, semua pedagang yang berjualan untuk membuat surat pernyataan tertulis,” tegas Edi Wiyono.

Lebih lanjut, dijelaskan Edi sapaannya kita nanti akan minta kepada Ketua paguyuban Car Free day Situbondo, agar semua pedagang di Car Free Day diminta untuk membuat surat pernyataan tertulis bahwa pada saat berdagang tidak akan melakukan Kampanye, walaupun seperti apapun bentuknya, ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas dimasa tenang pemilu 2024.

Ia juga menegaskan, agar seluruh pedagang di car free day, juga bisa menjaga kebersihan karena pada hari tersebut juga ada penilaian adipura.

Ketua Paguyuban CFD Situbondo Khairdianta melalui Humas paguyuban CFD, Kaka Bro mengatakan karena di hari minggu ini memasuki hari tenang pemilu 2024 dan ada penilaian adipura
Pihaknya berharap CFD tetap jalan seperti biasanya, karena selama ini yang kita lihat CFD Situbondo tidak pernah berbau politik, murni kegiatan rutinitas untuk peningkatan ekonomi Masyarakat.

“CFD Situbondo hari Minggu ini tetap berjalan seperti biasanya, karena CFD salah satu kegiatan murni peningkatan ekonomi masyarakat dan kami sudah tekankan kepada seluruh pedagang CFD tidak berbau politik dan bersih dari stiker parpol atau caleg di lapak para pedagang CFD, karena pada hari tersebut, mengahadapi masa tenang dan penilaian Adipura,” ujarnya.

Oleh sebab itu, semua pedagang CFD mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan, sehingga pelaksanaan pemilu ini bisa berjalan, aman, lancar dan kondusif, “harapnya. (Dartok/Rama)