Berita

Jelang Ramadan 2024, Polres Malang Intensifkan Patroli

×

Jelang Ramadan 2024, Polres Malang Intensifkan Patroli

Sebarkan artikel ini

MALANG – Polres Malang terus mengintensifkan kegiatan patroli sebagai langkah proaktif dalam menciptakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif menjelang bulan suci Ramadan tahun 2024. Patroli tersebut melibatkan anggota Satuan Samapta (Satsamapta) Polres Malang serta Polsek jajaran.

Pelaksanaan patroli dilakukan secara rutin di berbagai titik strategis, termasuk kawasan pertokoan, perbankan, ATM, dan permukiman warga. Tujuan dari kegiatan ini bukan hanya untuk mencegah potensi kejahatan jalanan, tetapi juga untuk memastikan bahwa masyarakat dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman dan aman.

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, menjelaskan bahwa patroli ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Polres Malang.

“Dengan intensifikasi patroli, kami berharap dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat dan mencegah potensi terjadinya gangguan Kamtibmas,” ujar Ipda Dicka di Polres Malang, Minggu (10/3/2024).

Patroli tidak hanya dilakukan secara fisik, tetapi juga bersifat dialogis. Anggota polisi aktif berinteraksi dengan masyarakat setempat, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, serta mendengarkan keluhan atau informasi dari warga. Pendekatan komunikatif ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara kepolisian dan masyarakat, sehingga kolaborasi dalam menjaga keamanan semakin baik.

“Melalui dialog dan komunikasi, kami ingin membangun kepercayaan dan kerjasama yang erat dengan masyarakat. Kehadiran polisi bukan hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai mitra dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua,” tambahnya.

Dengan pelaksanaan patroli yang terencana dan dialogis ini, diharapkan Polres Malang dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayahnya menjelang bulan suci Ramadan 2024. Masyarakat diimbau untuk aktif berpartisipasi dengan memberikan informasi kepada kepolisian apabila menemui situasi yang mencurigakan, guna menciptakan keamanan bersama. (hms – sl/dwi)