Berita

Kadiv Humas Polri Pimpin Apel Satgas Humas Operasi Ketupat 2024

×

Kadiv Humas Polri Pimpin Apel Satgas Humas Operasi Ketupat 2024

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Divisi Humas Polri menggelar apel kesiapan Pasukan Satgas Humas Operasi Ketupat 2024. Satgas Humas akan bekerja selama dua pekan masa mudik Lebaran 2024.

Apel dipimpin langsung oleh Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho. Dia menyebut ada 34 personel yang tergabung dalam Satgas Humas Operasi Ketupat 2024.

Sandi meminta anggotanya untuk memberikan performa terbaik dalam menjalankan tugas. Termasuk, katanya, memonitoring situasi terkini di command center dan posko Korlantas Polri.

Sandi menyebut Satgas Humas juga bertugas untuk memberikan informasi mengenai situasi mudik Lebaran 2024. Dia berharap masyarakat yang mudik dapat terbantu dengan informasi dari polisi.

“Setiap perkembangan informasi tidak hanya sent tetapi juga delivered sehingga masyarakat terbantu dengan informasi Kepolisian yang update,” kata Sandi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024).

Sandi merinci Satgas Humas akan dibagi menjadi empat unit kecil lengkap (UKL) sesuai tugasnya masing-masing. Dia mengatakan setiap unit akan ditempatkan di berbagai lokasi yang berbeda.

“UKL 1 si Bakauheni dan Lampung, UKL 2 di DKI Jakarta, Jabar dan Bakauheni, UKL 3 di Jateng dan DIY, UKL 4 di Jatim dan Gilimanuk,” ujar Sandi.

Sandi juga melakukan pengecekan pasukan dan peralatan yang bakal digunakan. Mulai dari kendaraan hingga peralatan pemantauan informasi seperti drone, kamera, hingga laptop.

“Dan pada hari ini Satgas Humas sudah kita cek tadi bahwa ada 4 UKL yang sudah disiapkan untuk pelaksanaan kegiatan ini, baik itu yang terkait di Lampung, kemudian Jawa Timur, Jawa Barat, maupun DKI Jakarta. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang kita siapkan,” ujar Sandi.

Operasi Ketupat 2024
Polri menggelar Operasi Ketupat pada 4 sampai 16 April 2024. Operasi itu dioperatori oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Operasi tersebut digelar untuk menjaga kelancaran dan keamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya menyampaikan sebanyak 155 ribu personel dikerahkan dan disebar selama masa mudik Lebaran 2024. Pengerahan itu untuk memastikan kelancaran mudik.

“Penggelaran pasukan merupakan penggelaran yang cukup besar, kurang lebih 155.165 personel yang terlibat, di dalam ada stakeholder terkait sejumlah 69.969 perseonel,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, usai rakor lintas sektoral persiapan Ops Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Polri, lanjut Sigit juga menyiapkan 5.784 pos di sejumlah titik selama masa lebaran 2024. Jumlah itu terdiri dari pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu. Adapun pos tersebut digelar di jalan tol hingga di sejumlah tempat wisata.

“Tadi digelar kurang lebih 5.784 pos yang nanti akan disiapkan untuk memberikan pelayanan. Apakah itu di jalan tol, di rest area dan kemudian yang di arteri, dan juga termasuk jalur-jalur yang kita persiapkan untuk memberikan pengamanan di wilayah-wilayah wisata,” kata Sigit kepada wartawan di lokasi. (Tim)