Berita

Kapolres Malang Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolsek dan Kasat

×

Kapolres Malang Pimpin Serah Terima Jabatan Kapolsek dan Kasat

Sebarkan artikel ini

MALANG – Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) beberapa pejabat utama dan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) di jajaran Polres Malang. Acara berlangsung di halaman Mapolres Malang pada Rabu (8/5/2024).

Upacara Sertijab dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polres Malang, termasuk Wakapolres Malang, Kompol Imam Mustolih, serta para kabag, kasat, ASN, dan personel Polres Malang lainnya. Kegiatan dimulai dengan laporan dari pejabat terkait dan pembacaan Surat Keputusan Kapolda Jawa Timur mengenai mutasi jabatan.

Kapolres AKBP Putu Kholis Aryana kemudian memimpin pengambilan sumpah/janji, yang disaksikan oleh seluruh peserta upacara dan didampingi oleh seorang rohaniawan. Tahap selanjutnya adalah penandatanganan Berita Acara Sumpah dan Pakta Integritas oleh seluruh perwira yang menerima jabatan baru, sebagai simbol keseriusan dan kesungguhan dalam menjalankan amanah yang dipercayakan.

Dalam sambutannya, Kapolres Malang menjelaskan bahwa mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dan bertujuan untuk memelihara dinamika organisasi serta pemantapan kepemimpinan dalam rangka pembinaan karier. Tujuannya adalah untuk memberikan penyegaran dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Diharapkan hal tersebut dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi dan pengabdian mereka, sambil memberikan sambutan hangat kepada pejabat baru, mengajak mereka untuk beradaptasi dan berkinerja maksimal.

“Hari ini telah dilaksanakan upacara serah terima jabatan Kapolsek dan pejabat utama Polres Malang. Ini merupakan sebuah langkah strategis untuk penyegaran dan peningkatan kinerja serta pelayanan kepada Masyarakat,” kata AKBP Putu di Polres Malang, Rabu (8/5).

Beberapa pejabat yang melaksanakan Sertijab antara lain adalah Kapolsek Tirtoyudo, AKP Soleh Mas’udi, yang memasuki masa purna tugas. Ia akan digantikan oleh AKP Supriyono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Pagak. Sementara Kapolsek Pagak akan dijabat oleh Iptu Surdianto yang sebelumnya menjabat Kanitsamapta Polsek Pagak.

Selain itu, Kapolsek Sumberpucung, AKP Lukman Hudin, menerima jabatan baru sebagai Wakapolsek Singosari, dan akan digantikan oleh Iptu Alek Adnri Wijaya, yang sebelumnya menjabat sebagai Kaurbinopsnal Satintelkam Polres Malang.

Seremoni serah terima jabatan juga melibatkan pejabat utama setingkat Kasat. Posisi jabatan Kasatsamapta Polres Malang akan diisi oleh Iptu Saiful Ilmi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kanitregident Satlantas Polres Situbondo. Kasatsamapta Polres Malang sebelumnya dijabat oleh AKP Agung Hartawan, yang akan mengikuti Pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama (Sespimma) Polri.

Dalam kesempatan yang sama, sejumlah perwira pertama di Polres Malang juga mendapat promosi jabatan di tempat tugas baru. Diantaranya Iptu Agus Yulianto yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Baglog Polres Malang Kasatresnarkoba Polres Pasuruan.

Kanit Registrasi dan Identifikasi (Kanitregident) Satlantas Polres Malang Ipda Danny Rizar Ramadhan mendapat jabatan baru sebagai Kanitregident Satlantas Polres Pasuruan Kota. Sementara Kanitregident Polres Malang akan dijabat oleh Iptu Achmad Akromsyah Ansori yang sebelumnya mengemban jabatan yang sama di Polres Pasuruan.

Termasuk Ipda Muhammad Adnan Kohar yang sebelumnya menjabat Panit Lantas Polsek Singosari, kini akan menjabat sebagai Kanitregident Satlantas Polres Polres Probolinggo.

Acara ditutup dengan semangat baru dan tekad kuat untuk terus meningkatkan kinerja kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Malang. Dengan harapan bahwa para pejabat yang baru dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan integritas, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

(hms/dwi)