Berita

Kapolres Malang Serahkan Bantuan UMKM untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

×

Kapolres Malang Serahkan Bantuan UMKM untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Sebarkan artikel ini

MALANG – Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, sekali lagi menunjukkan komitmennya dalam memberikan dukungan kepada keluarga korban yang terdampak Tragedi Kanjuruhan. Pada Jumat (8/3/2024), Kapolres Malang menyerahkan bantuan modal dan sarana pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kepada tiga keluarga terdampak di Mapolres Malang.

Bantuan yang diserahkan tidak hanya berupa uang tunai, melainkan juga berupa rombong dan peralatan lengkap untuk berjualan. Langkah ini diambil dengan tujuan membantu keluarga korban Tragedi Kanjuruhan agar dapat memulihkan ekonomi mereka melalui berwirausaha.

Penerima bantuan kali ini adalah Sulastri, orangtua dari korban meninggal Handika Rizy Triono, dan Misiyanto, orang tua kandung almarhum Yulio Dini Prastiawan, keduanya merupakan warga Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Keduanya diberikan bantuan modal untuk memulai usaha berdagang makanan, beserta dengan sebuah rombong dan peralatan memasak seperti kompor gas dan perkakas memasak lainnya, yang diberikan langsung oleh Kapolres AKBP Putu Kholis Aryana.

Dalam kesempatan yang sama, bantuan juga diberikan kepada Budi Haryanto, orangtua dari korban Citra Ayu Amelia asal Kecamatan Pakisaji. Ia menerima satu unit mesin cuci, setrika, dan modal usaha.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengungkapkan, bahwa penyaluran bantuan UMKM kepada keluarga korban Kanjuruhan merupakan program rutin Polres Malang. Pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan perhatian dan dukungan kepada keluarga korban Tragedi Kanjuruhan dengan menyalurkan bantuan UMKM dan modal.

“Hari ini ada tiga keluarga yang menerima bantuan, ada gerobak UMKM ada dua, dan ada satu mesin cuci untuk melanjutkan usahanya. Ada dari Sumberpucung dan dari Pakisaji,” kata Kapolres AKBP Putu Kholis di Polres Malang, Jumat (8/3).

Kapolres menambahkan, kebutuhan modal usaha yang diberikan merupakan tindak lanjut dari masukan dan usulan paguyuban keluarga Kanjuruhan. Pihaknya berusaha merespons kebutuhan yang sebenarnya dibutuhkan oleh keluarga korban Kanjuruhan.

Selain memberikan bantuan UMKM dan modal, Kapolres Malang juga menjalin komunikasi yang baik secara intens dengan keluarga terdampak. Melalui komunikasi tersebut, AKBP Putu memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi keluarga terdampak sebagai upaya pemulihan kehidupan sosial pasca tragedi.

“Kami tetap mencoba konsisten memberikan wujud kepedulian kami kepada seluruh korban tragedi Kanjuruhan. Sudah tidak terhitung sejak tahun lalu sekitar bulan Agustus-September dan itu rutin kita lakukan setiap bulannya,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan, Sulastri, menyatakan rasa terima kasihnya atas perhatian Kapolres Malang kepada keluarganya. Melalui bantuan yang diberikan, ia berencana untuk mengembangkan usaha berdagang makanan di depan rumahnya.

“Kami sangat berterimakasih sudah diperhatikan. Bantuan ini akan sangat membantu kami untuk memulai kembali usaha dan memulihkan kehidupan ekonomi keluarga kami,” ujar Sulastri. (hms-sl/dwi)