Artikel dan UlasanBudayaDestinasiRagam

Keindahan Bondowoso dan 6 Fakta Menarik yang Patut Diketahui

×

Keindahan Bondowoso dan 6 Fakta Menarik yang Patut Diketahui

Sebarkan artikel ini
Keindahan Bondowoso
Kota Bondowoso

PENANUSANTARA.IDKeindahan Bondowoso memang sudah terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bondowoso adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten ini terletak di persimpangan jalur antara Kecamatan Besuki dan Kabupaten Situbondo menuju Jember.

Dikutip dari BPS (Badan Pusat Statistik) Pada tahun 2022, penduduk Kabupaten Bondowoso mencapai 781.417  jiwa dengan kepadatan penduduk sebanyak 498 jiwa per kilometer persegi, tersebar di 23 kecamatan.

Mayoritas penduduk Bondowoso adalah suku Madura, dengan bahasa Madura sebagai bahasa sehari-hari.

Namun, keunikan Bondowoso tidak hanya terbatas pada fakta-fakta tersebut. Berikut adalah enam fakta menarik lainnya seputar Kabupaten Bondowoso.

1. Kota Megalitikum

Bondowoso dijuluki sebagai Kota Megalitikum yang sarat akan nilai sejarah. Terdapat sekitar 1.215 situs megalitikum yang tersebar di seluruh kecamatan. Pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan menetapkan Bondowoso sebagai Kota Megalitikum dengan menggelar event budaya megalitik bertajuk ruwatan, yang dirangkai dalam acara etno parade budaya.

2. Kerajinan Kuningan

Desa Cindogo di Kecamatan Tapen dikenal sebagai pusat kerajinan kuningan yang menjadi salah satu komoditas ekonomi Bondowoso dan telah mendapat pengakuan luas di Indonesia. Selain Desa Cindogo, Desa Jurangsapi juga menghasilkan kerajinan serupa. Meski demikian, perajin kuningan semakin berkurang karena kurangnya minat generasi muda untuk menekuni profesi ini.

3. Republik Kopi

Perkebunan kopi arabika Jampit, sebuah agrowisata di Bondowoso yang dikelola oleh PTP Nusantara VII Kalista Jampit, menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung. Pada tahun 2013, Kopi Arabika Java Ijen Raung asal Bondowoso mendapat sertifikat internasional, membuat Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, pada tahun 2016, menyebut kabupaten ini sebagai “Republik Kopi.

4. Tari Singo Ulung

Kesenian tari Singo Ulung, yang menggabungkan tari topeng dan ojung, merupakan warisan budaya asli Bondowoso. Tarian ini awalnya dilakukan sebagai bagian dari tradisi bersih desa atau saat meminta turun hujan. Diciptakan oleh seorang pemuda bernama Kiai Singo Wulu, tarian ini memiliki nilai sejarah selama sekitar 400 tahun.

5. Kuliner Khas Bondowoso

Kota Tape terkenal dengan Tape Manis Bondowoso, dikemas dalam anyaman bambu bèsèk. Kuliner lainnya termasuk Nasi Mamong, Bakso Gulung, Pia Tape, Kopi Blangkon Bondowoso, Surma, Suwar Suwir, Rujak Gobet, dan lainnya.

6. Kawah Ijen

Salah satu destinasi wisata terkenal di Bondowoso adalah Kawah Ijen, sebuah danau kawah asam di puncak Gunung Ijen. Kawah ini dikenal dengan fenomena eternal blue fire yang hanya terjadi di dua tempat di dunia. Kawah Ijen juga menjadi bagian dari Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Bondowoso juga menawarkan destinasi wisata menarik lainnya seperti Air Terjun Tancak Kembar Pakem, Puncak Piramid, Bukit Mahadewa, Bendungan Sampean Baru, Kawah Wurung, Air Terjun Blawan, Labeng Seng, Air Terjun Miniagara, Batu Susun Solor, dan Bukit Jabal Kirmit.

(*/Red)