Berita

Keturunan Majalengka, Erick Thohir Kenang Masa Kecil Nonton Film Kungfu di Bioskop Milik Kakek di Kadipaten

×

Keturunan Majalengka, Erick Thohir Kenang Masa Kecil Nonton Film Kungfu di Bioskop Milik Kakek di Kadipaten

Sebarkan artikel ini

MAJALENGKA JAWA BARAT – Menteri BUMN, Erick Thohir mengakui dirinya adalah keturunan Kabupaten Majalengka, karena sang ibu yakni Edna Thohir adalah wanita keturunan Tionghoa – Sunda kelahiran Kecamatan Kadipaten.

Meski lahir dan dibesarkan di Jakarta, namun Erick Thohir ternyata punya kenangan tentang kampung halaman sang ibu di Kabupaten Majalengka.

Salah satunya adalah momen saat dirinya nonton film di bioskop. Ternyata bioskop Serbaguna yang ada di Kecamatan Kadipaten tersebut adalah salah satu usaha dari sang kakek.

Di dekat Bioskop Serbaguna tersebut terdapat pabrik limun, kemudian rumah tempat kelahiran ibunya yang kini berubah menjadi sebuah rumah toko (ruko) dengan cat berwarna biru.

“Dulu ibu saya lahir di sini, iya benar ini rumahnya,” kata Erick Thohir menunjuk sebuah bangunan ruko dua lantai yang berada di dekat Bioskop Serbaguna.

Di lokasi itu, Erick Thohir sempat menyapa warga setempat. Wanita tersebut membenarkan bahwa itu adalah rumah dari keluarga Edna Thohir.

“Ieu urang Kadipaten (Ini orang kadipaten),” kata warga lainnya menyambut kedatangan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI tersebut.

Sayangnya, kini bioskop tersebut sudah tidak beroperasi. Bangunan tua tersebut pun sudah tidak terawat.

“Jadi teringat masa kecil. Dulu sempat nonton film kungfu di bioskop. Paling, sudah banyak sekali yang berubah,” katanya.

Diceritakan Erick dulu ibunya memang lahir di Kabupaten Majalengka, sebelum akhirnya merantau ke Jakarta.
Kakek dari ibunya adalah pemilik beberapa usaha, salah satunya gedung bioskop yang saat itu sangat terkenal.

“Dulu ibu saya lahir di sini. Bapaknya punya beberapa usaha, salah satunya bioskop ini,” tuturnya.

Sebagai informasi, Erick Thohir merupakan pria kelahiran 30 Mei 1970 yang malang melintang sebagai pengusaha.

Ibunya adalah perempuan berdarah Tionghoa – Sunda yang akrab dipanggil Edna Thohir. Sedangkan ayahnya Teddy Thohir adalah pria keturunan Lampung.

Edna Thohir merupakan seorang perawat yang kemudian merantau ke Jakarta. Lantas bertemu dengan Teddy Thohir.

Keduanya menikah secara Islam. Lantas merintis usaha, termasuk berjualan baju di Pasar Tebet.

Sementara Teddy Thohir merupakan salah satu perintis Astra International. Ketika itu, perusahaan masih belum sebesar sekarang karena baru dirintis oleh William Soeryadjaya yang merupakan pengusaha kelahiran Kadipaten.

Sejak kecil, Erick Thohir sudah tinggal di Jakarta dan menempuh pendidikan di SMAN 3 Jakarta, kemudian melanjutkan sekolah ke Amerika Serikat.

Meski malang melintang sebagai pengusaha kelas kakap, ternyata Erick Thohir tidak melupakan kampung halaman orang tuanya.

Termasuk daerah tempat ibunya dilahirkan yakni Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka.

Ini merupakan salah satu daerah pusat perekonomian di Kota Angin dan sampai saat ini terdapat berbagai jenis usaha.

Kecintaan Erick Thohir terhadap kampung halaman ibundanya dibuktikan dengan dirinya yang tidak segan mengakui masih memiliki keturunan Kabupaten Majalengka.

Kemudian tercatat beberapa kali mengunjungi kampung halamannya. Sebagai keturunan Kabupaten Majalengka, Erick Thohir bernostalgia di momen dirinya pulang kampung. (Nurhari)