Artikel dan Ulasan

Manfaat dan Pentingnya Tanda Tangan Digital

×

Manfaat dan Pentingnya Tanda Tangan Digital

Sebarkan artikel ini
Manfaat dan Pentingnya Tanda Tangan Digital
Manfaat dan Pentingnya Tanda Tangan Digital

PENANUSANTARA.ID – Tanda tangan digital adalah sebuah tanda tangan yang memiliki kegunaan hampir sama dengan sidik jari digital. Tanda tangan digital dapat secara aman menghubungkan penandatangan dengan dokumen tertentu dalam transaksi yang direkam. Tanda tangan digital ini mengandalkan format yang diterima secara universal berupa Public Key Infrastructure untuk memastikan keamanan yang ditingkatkan. Hal itu merupakan bagian dari teknologi tanda tangan elektronik (eSignature).

Di era sekarang, di mana kegiatan dituntut untuk serba cepat seperti sekarang sangat diuntungkan dengan adanya tanda tangan digital. Apa saja manfaat tanda tangan digital?

Manfaat dan Pentingnya Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital dapat lebih mengurangi biaya dan waktu. Dengan tanda tangan digital, anda tidak perlu lagi untuk, mencetak, memindai, mengirimkan dan menunggu konfirmasi secara manual yang membutuhkan banyak biaya dan waktu. Apalagi jika penandatangan dokumen dilakukan secara tatap muka, maka pengeluaran biaya tambahan tidak bisa diprediksi dan dihindari. Melalui tanda tangan digital, anda tidak perlu khawatir karena penandatangan dokumen bisa dilakukan secara digital tanpa harus tatap muka.

Tanda tangan digital juga memiliki keabsahan hukum. Tanda tangan digital dapat memberikan keaslian dan memastikan bahwa tanda tangan tersebut telah diverifikasi. Tanda tangan digital dapat berlaku di mata hukum mana pun seperti dokumen kertas bertanda tangan lainnya. Adanya stempel waktu dan kemampuan untuk melacak dan mengarsipkan dokumen dengan mudah meningkatkan sekaligus menyederhanakan audit dan kepatuhan terhadap hukum.

Selain itu, tanda tangan digital dapat menjamin identitas dan data diri. Kebijakan privasi diberikan untuk memastikan data pribadi pengguna dilindungi kerahasiaannya. Keamanan informasi identitas diri kamu juga lebih terjamin melalui penggunaan teknologi kriptografi asimetris (asymmetric cryptography) yang dibuat secara unik untuk tiap individu. Asymmetric cryptography merupakan teknik kriptografi yang menggunakan pasangan kunci: public key dan private key sebagai pengaman. Public key bersifat informasi publik yang dapat disebarkan secara luas untuk memvalidasi tanda tangan digital seseorang. Sedangkan private key dibuat secara unik yang hanya diketahui oleh penanda tangan.