Artikel dan UlasanEkonomi & BisnisRagamTeknologi

Membangun Karier dengan CV ATS Friendly dan Surat Lamaran Kerja yang Efektif

×

Membangun Karier dengan CV ATS Friendly dan Surat Lamaran Kerja yang Efektif

Sebarkan artikel ini
CV ATS Friendly dan Surat Lamaran Kerja
Membangun Karier dengan CV ATS Friendly dan Surat Lamaran Kerja yang Efektif (penanusantara.id)

Persaingan di dunia kerja semakin ketat di era digital saat ini. Banyak perusahaan dan organisasi menggunakan sistem pelacakan aplikasi kerja (Applicant Tracking System – ATS) untuk menyaring ribuan lamaran yang mereka terima. Oleh karena itu, penting bagi para pencari kerja untuk memahami bagaimana membuat CV dan surat lamaran kerja yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga ‘ramah’ terhadap ATS.

Mengenal CV ATS Friendly

CV ATS Friendly adalah CV yang dirancang untuk dapat diterima dan diproses dengan baik oleh sistem ATS. Sistem ini bekerja dengan cara memindai dan mengekstrak informasi dari CV untuk menentukan apakah seorang kandidat memenuhi kriteria yang dicari oleh perusahaan. CV yang tidak dioptimalkan untuk ATS dapat dengan mudah tereliminasi, bahkan sebelum sempat dilihat oleh perekrut manusia.

Komponen Utama CV ATS Friendly

  1. Pemilihan Kata Kunci: Gunakan kata kunci yang relevan dengan deskripsi pekerjaan. Kata kunci ini biasanya mencakup keterampilan, gelar, sertifikasi, dan pengalaman kerja yang spesifik. Lakukan riset terhadap iklan lowongan kerja dan identifikasi kata kunci yang sering muncul.
  2. Format yang Sederhana: Hindari penggunaan grafik, tabel, dan elemen desain yang kompleks. ATS lebih mudah memproses teks daripada gambar atau elemen desain lainnya. Gunakan font yang standar seperti Arial, Times New Roman, atau Calibri dan hindari penggunaan warna yang mencolok.
  3. Struktur yang Jelas: Pastikan CV Anda memiliki struktur yang logis dengan penggunaan judul dan subjudul yang jelas untuk memudahkan ATS mengidentifikasi bagian-bagian penting dari CV Anda. Sertakan bagian-bagian standar seperti “Pengalaman Kerja”, “Pendidikan”, “Keterampilan”, dan “Ringkasan Profesional”.
  4. Gunakan Format File yang Tepat: Sebagian besar ATS bekerja paling baik dengan format file .doc atau .docx. Meskipun PDF juga bisa diterima, beberapa sistem ATS akan kesulitan untuk memprosesnya.
  5. Hindari Penggunaan Header dan Footer: Informasi yang ditempatkan di header atau footer sering kali tidak terbaca oleh ATS. Letakkan informasi penting seperti kontak di bagian utama dari dokumen.
  6. Penggunaan Bullet Points: Bullet points membantu memecah teks dan membuatnya lebih mudah dibaca baik oleh ATS maupun perekrut manusia. Pastikan bullet points singkat dan to the point.
Trending :
UMKM Dan Transformasi Digital, Rahasia Sukses Di Era Digital 5.0

Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Efektif

Surat lamaran kerja adalah kesempatan Anda untuk ‘berbicara’ langsung dengan perekrut dan menunjukkan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Surat lamaran kerja yang baik dan efektif harus:

  1. Spesifik: Sesuaikan surat Anda dengan posisi yang Anda lamar. Tunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan dan posisi tersebut. Gunakan nama perusahaan dan jabatan yang Anda lamar dalam surat tersebut.
  2. Personal: Gunakan kata yang profesional namun hangat. Hindari penggunaan template yang terlalu umum. Ceritakan sedikit tentang diri Anda dan mengapa Anda tertarik pada posisi tersebut.
  3. Fokus pada Keahlian Anda: Soroti pencapaian dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan bagaimana pengalaman Anda sebelumnya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Mengenal SuratPlus.com

SuratPlus.com adalah platform yang dirancang untuk membantu Anda membuat CV dan surat lamaran kerja yang profesional dengan mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh SuratPlus:

  1. Template yang Dioptimalkan untuk ATS: SuratPlus menyediakan berbagai template yang telah dioptimalkan untuk memenuhi standar ATS. Template-template ini dirancang dengan struktur dan format yang sederhana namun efektif untuk memastikan CV Anda dapat diproses dengan baik oleh sistem ATS.
  2. Kustomisasi Mudah: Anda dapat dengan mudah menyesuaikan template sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. SuratPlus memungkinkan Anda mengubah font, warna, dan layout sesuai dengan keinginan Anda tanpa mengorbankan kompatibilitas dengan ATS.
  3. Simpan dan Akses dari Mana Saja: Dengan fitur penyimpanan cloud, Anda dapat menyimpan dan mengakses dokumen Anda dari perangkat mana pun. Ini memudahkan Anda untuk melakukan revisi atau mengirim aplikasi dari berbagai perangkat tanpa harus khawatir kehilangan data.
  4. Tutorial Gratis: SuratPlus menyediakan tutorial dan tips langkah demi langkah untuk membantu Anda membuat CV dan surat lamaran kerja yang efektif. Anda akan mendapatkan saran tentang cara memilih kata kunci, menulis ringkasan profesional, dan menyesuaikan surat lamaran kerja.
  5. Integrasi dengan LinkedIn: SuratPlus memungkinkan Anda untuk mengimpor data langsung dari profil LinkedIn Anda, sehingga memudahkan Anda untuk mengisi informasi tanpa harus mengetiknya ulang. Ini juga memastikan konsistensi antara profil LinkedIn dan CV Anda.
  6. Feedback dan Revisi: SuratPlus menawarkan fitur feedback di mana Anda dapat meminta pendapat dari ahli yang profesional atau teman untuk mengevaluasi CV dan surat lamaran Anda. Fitur ini membantu Anda mendapatkan perspektif lain dan memastikan dokumen Anda sebaik mungkin sebelum dikirimkan.
Trending :
10 Bahaya AI Bagi Kehidupan Manusia

Mengapa SuratPlus.com Menjadi Pilihan yang Tepat?

Dengan SuratPlus.com, Anda tidak hanya mendapatkan akses ke alat pembuatan dokumen yang canggih, tetapi juga keahlian dari tim yang memahami kebutuhan industri dan tren perekrutan terkini. SuratPlus.com membantu Anda membuat dokumen yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga efektif dalam menarik perhatian perekrut. Keunggulan platform ini antara lain:

  1. Efisiensi Waktu: Proses pembuatan CV dan surat lamaran kerja menjadi lebih cepat dan efisien dengan template yang sudah disediakan. Anda hanya perlu memasukkan informasi pribadi dan pengalaman kerja Anda.
  2. Profesionalitas: Template yang disediakan dirancang oleh desainer profesional dan sesuai dengan standar industri. Ini membantu memastikan bahwa dokumen Anda terlihat profesional dan terpercaya.
  3. Kompetitif: Dengan menggunakan SuratPlus, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara karena dokumen Anda sudah dioptimalkan untuk ATS dan memenuhi standar yang diharapkan oleh perekrut.

Kesimpulan

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, memiliki CV ATS Friendly dan surat lamaran kerja yang ditulis dengan baik adalah langkah tepat. CV dan surat lamaran kerja yang dioptimalkan tidak hanya meningkatkan peluang Anda untuk lolos dari saringan awal ATS, tetapi juga memberikan kesan pertama yang positif kepada perekrut. Dengan bantuan SuratPlus.com, Anda dapat dengan mudah membuat dokumen karier yang profesional dan efektif. SuratPlus.com menyediakan berbagai alat dan panduan untuk membantu Anda lebih efektif dan menonjol di antara ribuan pelamar lainnya.

Mulailah menuju kesuksesan karier dengan SuratPlus.com. Optimalkan CV dan surat lamaran kerja Anda hari ini, dan tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Penulis: SuratPlus