Artikel dan UlasanEkonomi & Bisnis

Mengenal Ekosistem Digital, Manfaat dan Keuntungannya Untuk Bisnis

×

Mengenal Ekosistem Digital, Manfaat dan Keuntungannya Untuk Bisnis

Sebarkan artikel ini
Mengenal Ekosistem Digital
Mengenal Ekosistem Digital, Manfaat dan Keuntungannya Untuk Bisnis

PENANUSANTARA.ID – Era sekarang ini, penerapan ekosistem digital banyak dilakukan oleh perusahaan di dunia. Pasalnya, lewat ekosistem digital, para pelaku usaha dapat melakukan transaksi dan kolaborasi untuk mendorong kemajuan bisnisnya.

Ekosistem digital ini wajib dipahami oleh pebisnis di era modern, karena memiliki sejumlah manfaat sebagai berikut:

Mengenal Ekosistem Digital

Ekosistem digital (Digital ecosystem ) adalah kumpulan sumber daya teknologi informasi yang saling terhubung dan terintegrasi, sehingga dapat berfungsi sebagai satu kesatuan.

Ekosistem yang terbentuk dapat bermanfaat untuk para pelaku usaha dalam kebutuhan bisnisnya.

Terdapat beberapa pihak yang mengisi atau terlibat di dalam ekosistem ini, antara lain pemilik usaha, pelanggan, supplier, mitra dagang penyedia layanan data, dan pihak pemerintah.

Di era modern ini, ekosistem digtal menjadi salah satu alat yang dapat memudahkan segala proses dalam bisnis.

Adanya ekosistem digtal membuat pihak yang terlibat dalam rangkaian suatu bisnis bisa bertransaksi dalam mengimplementasikan strategi pemasaran yang relevan.

Selain itu, digital ekosistem juga membantu dalam pengembangan bisnis dengan mengoptimasi data dan informasi dengan sistem yang kuat.

Penyatuan praktik business-to-business (B2B), aplikasi perusahaan, dan data dalam ekosistem ini membuat organisasi dapat mengatur teknologi baru dan lama serta menciptakan proses otomatis di sekitarnya.

Ini tentu meningkatkan efisiensi waktu, kinerja, dan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai target bisnis.

Manfaat dan Keuntungannya Untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa keuntungan membangun digital ecosystem untuk bisnis kamu, antara lain:

Siap Menghadapi Perubahan Ekonomi

Hubungan dengan pihak kemitraan atau produk yang kuat bisa membantu perusahaan kamu dalam beradaptasi dengan perubahan ekonomi yang fluktuatif.

Saat permintaan atas salah satu produk kamu turun, maka kamu bisa menerapkan strategi untuk fokus pada produk lain tanpa harus memulainya dari awal.

Artinya, dengan adopsi teknologi digital yang tepat dalam suatu ekosistem, maka memudahkan perusahaan untuk menyesuaikan model bisnis dan strategi pemasaran sesuai dengan tuntutan pasar yang berubah.

Kamu juga bisa bergantung pada mitra bisnis dengan memanfaatkan sumber daya gabungan (kolaborasi).

Alhasil, kamu bisa lebih sigap untuk memenuhi perubahan permintaan tersebut. Dengan kata lain, digital ekosistem yang kuat membuat perusahaan bisa bertahan dari perubahan ekonomi yang destruktif.

Sumber Pendapatan Baru

Ekosistem digital merupakan platform yang membuat semua pihak yang terlibat dalam bisnis bisa terintegrasi dengan baik.

Hal ini dapat membawa manfaat dalam menyediakan sumber pendapatan baru yang memiliki potensi.

Misalnya, dengan digital ecosystem, perusahaan bisa menjual produk dan layanan mereka secara online lewat platform e-commerce, situs web, atau layanan third-party lainnya.

Bahkan, penjualan produk-produk secara online (lewat e-commerce) lebih tinggi daripada offline (lewat toko fisik).

Melalui digital ecosystem, perusahaan juga bisa menjalin kemitraan dengan mitra bisnis atau menjadi bagian dari program afiliasi.

Dalam hal ini, perusahaan akan mendapatkan komisi atau pembagian pendapatan dari penjualan atau promosi produk.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Digital ekosistem dapat membangun loyalitas pelanggan. Sebuah bisnis, akan lebih baik jika memiliki beberapa layanan atau menawarkan serangkaian produk yang saling berhubungan.

Sebab, akan lebih nyaman bagi pelanggan jika mereka bisa mendapatkan semua barang atau layanan yang mereka butuhkan dalam satu tempat.

Kamu juga bisa memberi penawaran menarik, seperti menawarkan diskon paket jika mereka membeli beberapa produk sekaligus.

Dengan begitu, hal ini menambah kenyamanan bagi konsumen yang memicu mereka untuk membeli segala produk bisnis kamu.

Contohnya adalah Apple, yang memiliki ekosistem kuat. Mereka menjual berbagai macam produk yang saling terhubung satu sama lain.

Tapi, produk mereka tidak bisa dipasangkan dengan perangkat non-Apple.

Produk mereka meliputi laptop, tablet, jam tangan pintar, dan smartphone.

Selain itu, di dalam produk mereka terdapat beberapa fitur yang masih menjadi keluarga Apple, antara lain browser Safari, iCloud, Apple TV, dan Apple App Store.

Terbukti, dengan cara ini, Apple memiliki persentase 90% terkait loyalitas pengguna pada produk Apple (iPhone) selama 3 tahun berturut-turut (2019, 2020, 2021).

Peran ekosistem digital dalam ekonomi di suatu negara cukup penting. Dalam menyiapkan ekosistem ini, terutama pada industri kreatif, pemerintahpun akan ikut andil dengan mengupayakan langkah terbaik dalam memanfaatkan digital ecosystem.

Demikian pembahasan tentang Mengenal Ekosistem Digital, Manfaat dan Keuntungannya Untuk Bisnis, semoga memahami dan bermanfaat.