Artikel dan Ulasan

Menikmati Keindahan Pantai Ngudel

×

Menikmati Keindahan Pantai Ngudel

Sebarkan artikel ini

MALANG — Tak diragukan lagi Kabupaten Malang merupakan daerah di Jawa Timur yang menyimpan segudang tempat wisata alam maupun wisata buatan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Malang juga menjadi daerah andalan untuk tujuan wisata masyarakat dari berbagai daerah.

Tempat wisata yang hampir tak pernah sepi dan selalu menjadi favorit wisatawan adalah pantai. Berbicara soal pantai, di Malang ada satu pantai yang cukup banyak diminati oleh pengunjung, yaitu Pantai Ngudel.

Pantai Ngudel terletak di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Lokasinya berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kabupaten Malang dengan estimasi waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Untuk menuju ke Pantai Ngudel ini ada tiga jalur yang bisa dilalui yaitu jalur Kepanjen, Gondanglegi, dan Turen.

Tak perlu khawatir soal akses jalan, karena jalan menuju ke pantai ini tergolong mudah dilalui sudah dicor atau beraspal.

Dari penamaan pantai yang cukup unik ini diambil dari kata udel. Jika dalam bahasa Indonesia udel memiliki arti pusar. Lalu mengapa disebut Pantai Ngudel, karena tak jauh dari bibir pantai terdapat batu yang cukup besar mirip seperti udel. Batu ini juga menjadi spot favorit untuk berfoto para wisatawan.

Pantai Ngudel letaknya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga memiliki ombak yang cenderung ganas dan cukup berbahaya. Wisatawan yang datang dilarang untuk berenang dengan alasan keselamatan.

Ada satu lagi keunikan dari pantai ini, yaitu terdapat pohon cemara udang yang banyak tumbuh di pantai.

Pohon tersebut merupakan bantuan dari dinas kelautan yang mampu menjadi filter untuk melindungi terjangan angin dari laut. Selain itu, pohon ini juga berfungsi melindungi pantai dari abrasi dan tsunami.

Trending :
Polres Malang Siapkan 13 Pos Pengamanan dan Layanan Selama Mudik Lebaran 2024

Keberadaan pohon cemara udang yang cukup banyak ini juga menjadi spot menarik untuk berfoto. Tak sedikit wisatawan yang menjadikan pohon cemara yang ikonik ini menjadi latar belakang foto yang Instagramable.

Tak diragukan lagi, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Dengan sajian pasir putih yang halus, air lautnya yang biru dan keindahan pepohonan di tepi pantai, menjadikan pantai ini pilihan yang tepat untuk dikunjungi saat berlibur maupun menghabiskan akhir pekan.

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan adalah Bukit Asmara yang terletak tak jauh dari pantai dan sajian matahari tenggelamnya yang sangat menawan. Untuk menikmati pesona pantai lebih lama, berkemah menjadi ide yang bagus.

Walaupun tergolong pantai baru dan hidden gem, pengelolaan pantai ini tergolong cukup baik.

Lingkunganya sangat bersih dan terjaga dengan baik. Fasilitas yang disediakan juga cukup memadai. Mulai dari warung makan, toilet, musala, tempat parkir hingga area kemah. Untuk tiket masuk ke pantai ini pun juga tergolong sangat ramah dikantong yakni hanya Rp,10.000 per orang dan parkir roda dua 10.000 , parkir roda 4 Rp 15.000. Fasilitas kemping berupa persewaan tenda dan lainnya sudah tersedia. (dwi)