Artikel dan UlasanEdukasiNewsTeknologi

Metode Atasi Google Maps Tidak Akurat Atau Error

×

Metode Atasi Google Maps Tidak Akurat Atau Error

Sebarkan artikel ini
Google Maps
Metode Atasi Google Maps Tidak Akurat Atau Error

PENANUSANTARA.ID – Memang membuat dongkol saat aplikasi Google Maps yang menemani Anda ke daerah tujuan tiba-tiba bermasalah.

Untungnya, pada tulisan kali ini akan di bagikan sebagian kiat perihal metode atasi Google Maps tidak akurat, tak bisa di buka, dan tak berfungsi.

Adanya aplikasi ini bermanfaat untuk menolong Anda menemukan tujuan, komplit dengan peta atau arah dan jarak yang di tempuh. Tapi, ini bukan berarti aplikasi ini tak akan mengalami persoalan ketika di pakai.

Sebagian gangguan yang tak jarang di natural pengguna Google Maps yaitu pesan error yang mengabarkan bahwa aplikasi ini tak bisa di jalankan, tak dapat di buka, dan Google Maps tak berfungsi.

Jadi, apabila Anda memakai Google Maps dan merasa terganggu sebab Google Maps tidak akuart, berikut yaitu sebagian metode untuk menuntaskan persoalan Google Maps tidak akurat yang dapat Anda coba.

Daftar Metode Atasi Google Maps Tidak Akurat Atau Error

Alasan umum mengapa Google Maps tidak akurat atau mengalami masalah lain adalah karena hardware hp Anda sedang mengalami masalah.

Penyebab Google Maps tidak akurat bisa terjadi karena kapasitas RAM ponsel yang hampir penuh dan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jika Anda sudah mengetahui penyebab Google Maps tidak akurat dan tidak bisa di buka.

Kini akan di jelaskan beberapa cara untuk memperbaiki Google Maps ini agar bisa kembali di gunakan dengan normal. Setidaknya ada 10 cara mengatasi Google Maps tidak akurat yang akan di jelaskan di sini. Simak sampai habis, Ya!

Perbarui Google Maps

Aplikasi yang kedaluwarsa bisa menjadi alasan mengapa Google Maps tidak akurat. Untuk cara mengatasi hal ini, Anda hanya perlu membuka Google Play Store, cari Google Maps dan perbarui ke versi terbaru yang tersedia untuk perangkat Anda.

Memperbarui versi aplikasi akan menghilangkan bug atau aplikasi yang crash dengan cepat. Tidak hanya itu, biasanya dengan melakukan update aplikasi ini, Anda juga akan merasakan beberapa fitur dan tampilan baru.

Namun sebelum mengupdate aplikasi untuk memperbaiki Google Maps tidak akurat ini, siapkan juga memori penyimpanan smartphone Anda agar mampu menampung pembaruan aplikasi.

Hapus Cache Aplikasi

Cache pada aplikasi yang bertumpuk juga menjadi salah satu penyebab Google Maps tidak akurat sehingga tidak bisa di jalankan dengan baik.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah menghapus data cache aplikasi. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu membuka pengaturan > aplikasi dan cari Google Maps. Kemudian di bagian Info aplikasi, ketuk hapus cache.

Mulai Ulang Smartphone

Cara memperbaiki Google Maps tidak akurat yang selanjutnya adalah dengan merestart ponsel atau perangkat yang Anda gunakan.

Melakukan restart pada smartphone ini bisa menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan masalah Google Maps tidak akurat yang paling mudah yang bisa Anda coba. Untuk melakukan ini, tahan tombol power pada perangkat Anda dan pilih menu restart.

Periksa Konektivitas

Jika Anda menemukan ponsel Anda masih memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang besar, maka bisa jadi penyebab utama Google Maps tidak akurat adalah koneksi internet Anda.

Maka dari itu, pastikan koneksi internet Anda stabil dan tidak lemot saat di gunakan untuk browsing internet atau mengakses Google Maps.

Coba tes menggunakan aplikasi Tes Kecepatan yang tersedia di Google Play Store. Atau Anda juga bisa memebli paket data jika paket data yang Anda miliki sudah hampir habis.

Atur Izin Aplikasi

Cara memperbaiki Google Maps tidak akurat selanjutnya adalah menyesuaikan izin aplikasi. Anda harus ingat, semua aplikasi yang berjalan di ponsel Android memerlukan izin sebelum bisa berjalan dengan normal.

Masalah izin ini bisa menjadi alasan mengapa Google Maps Anda tidak berfungsi dengan semestinya. Untuk melihat dan mengelola izin aplikasi, Anda hanya perlu membuka pengaturan aplikasi.

Kemudian pilih menu Izin, lalu pilih lokasi. Pastikan Google Maps memiliki izin akses lokasi, karena jika tidak Google Maps tidak akan memberikan Anda hasil pencarian yang maksimal.

Pastikan Fitur Lokasi Diaktifkan

Sudah menyetel izin lokasi aplikasi, tetapi Anda masih menemukan Google Maps tidak akurat, maka ada kemungkinan fitur lokasi smartphone Anda tidak di aktifkan.

Apabila fitur ini di nonaktifkan, akan ada kemungkinan Google Maps dan aplikasi lain yang memerlukan akses lokasi tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengaktifkannya, geser ke bawah pada layar untuk menampilkan bilah notifikasi. Kemudian, aktifkan fitur lokasi yang ada.

Force Stop Google Maps

Saat navigasi Google Maps tidak berfungsi dan tiba-tiba muncul pesan error yang menyatakan bahwa Google Maps ini tidak dapat di jalankan, sebaiknya gunakan fitur Force Stop. Dengan menggunakan fitur paksa aplikasi ini, maka kemungkinan besar Google Maps tidak akurat dapat teratasi.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu membuka pengaturan > aplikasi dan pilih Google Maps. Di bagian Info Aplikasi, ketuk paksa berhenti.

Hapus Data Google Maps

Menghapus data aplikasi juga merupakan cara lain yang efektif untuk memperbaiki Google Maps tidak akurat yang bisa Anda lakukan.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu  membuka pengaturan. Lalu buka aplikasi dan cari Google Maps. Kemudian buka Info aplikasi > penyimpanan, dan pilih hapus data.

Wipe Cache Partition

Anda juga bisa memanfaatkan fitur Wipe Cache Partition untuk mengatasi ketidakakuratan atau error pada Google Maps Anda.

Cache ini pada dasarnya seperti folder sementara untuk menyimpan data sementara. Berikut adalah petunjuk untuk menggunakan fitur Cache Partition ini:

  • Cadangkan data penting di ponsel Anda ke media eksternal terlebih dahulu.
  • Matikan telepon.
  • Jika sudah, tekan dan tahan tombol power dan volume up secara bersamaan.
  • Gunakan tombol volume untuk menavigasi menu. Tekan tombol power dan pilih Wipe Cache Partition.
  • Setelah penghapusan selesai, pilih System Reboot.

Aktifkan Mode High Accuracy

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai cara memperbaiki Google Maps tidak akurat adalah dengan mengaktifkan High Accuracy Mode. Dengan mengaktifkan mode ini, maka Anda akan dapat menentukan lokasi pengguna dengan lebih akurat.

Factory Reset

Jika semua cara mengatasi Google Maps tidak akurat di atas masih belum bisa memperbaiki Google Maps Anda. Maka jalan satu-satunya adalah melakukan factory reset atau mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Sebelum melakukan ini, pastikan Anda telah membackup data penting Anda ke memori eksternal terlebih dahulu.

Jika sudah, kemudian buka pengaturan > pengaturan tambahan dan pilih factory reset. Tunggu beberapa saat, dan semua aplikasi serta data akan di hapus oleh sistem.

Itulah dia beberapa informasi penting tentang cara atasi Google Maps tidak akurat yang bisa Anda lakukan. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu Anda sekalian, Ya!