Berita

Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Karya Bakti Dan Penghijauan Di Gunung Lawu Yang Terdampak Karhutla

×

Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Karya Bakti Dan Penghijauan Di Gunung Lawu Yang Terdampak Karhutla

Sebarkan artikel ini

Karanganyar, PENANUSANTARA.ID – Dalam rangka melaksanakan pembersihan dan penghijauan di wilayah terdampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Gunung Lawu, kurang lebih 2.010 Orang Tim Gabungan TNI-Polri, Relawan dan Masyarakat melaksanakan pembersihan sampah di Kec. Gondosuli sekitar 50 ton, penanaman sebanyak 23.600 bibit pohon dengan berbagai jenis campuran seperti Damar, Cemara, Trembesi dan Eucalyptus. Kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr. (Han)., yang dimulai sejak hari Kamis, 14 Desember 2023.

Penanaman pohon yang dilakukan ini, merupakan bagian dari kegiatan karya bakti pembersihan dan penghijauan di Gunung Lawu yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam akibat terdampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Salah satu manfaat terbesar dari pohon adalah, untuk menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup. Selain itu, penanaman pohon juga berfungsi untuk mengurangi resiko bencana alam.

Adapun beberapa wilayah yang telah dilaksanakan penanaman pohon diantaranya adalah, wilayah Cemoro Sewu, Kecamatan Jogorogo Kab. Ngawi, Gondosuli Kab. Karanganyar dan Lingkungan Degung Kecamatan Plaosan Kab. Magetan.

Dalam kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. di Ds. Ngancar, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, yang juga dihadiri oleh Pangkostrad, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim, Pangdivif 2 Kostrad, para Asisten Kasad, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, para Asisten Kaskostrad, Kasdam V/Brw, para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, Dansatjar Wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Forkopimda Wilayah Jawa Timur dan Jawa tengah.

Kasad mengungkapkan, bahwa permasalahan lingkungan hidup sudah menjadi perhatian dunia dan Indonesia mempunyai resiko kerusakan yang tinggi, oleh karena itu kegiatan semacam ini perlu dilanjutkan sebagai upaya kita bersama dalam menghijaukan kembali alam Indonesia.

Selain itu Kasad juga menyampaikan, “Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan dengan skala terbesar yang dilakukan secara swadaya dalam penghijauan lahan di Indonesia yang semoga kedepannya akan terus berlanjut dengan skala yang lebih besar”, sambungnya.

“Disisi lain, Kasad juga menuturkan “Kegiatan ini bukan merupakan tanggung jawab TNI saja, akan tetapi juga rekan dari Kepolisian dan semua instansi beserta semua lapisan Masyarakat. Sebenarnya TNI dan Polri mempunyai kemampuan potensi untuk ikut membantu di bidang pertanian dan lingkungan”, pungkasnya.

Lanjut kegiatan, dilaksanakannya penyerahan pohon secara simbolis oleh Kasad kepada perwakilan sebanyak 12 orang, pelepasan burung tekukur oleh Rombongan Kasad, foto bersama, peninjauan kegiatan bakti sosial (Pengobatan gratis dan sunatan massal), kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Base Camp Cemoro Sewu untuk melaksanakan penanaman pohon. (Red)