Berita

Peduli Keselamatan Nelayan, KSOP Kelas IV Bakauheni Serahkan Sertifikat Pas Kecil GT7

×

Peduli Keselamatan Nelayan, KSOP Kelas IV Bakauheni Serahkan Sertifikat Pas Kecil GT7

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG SELATAN – KSOP kelas IV Bakauheni bersama( Pemdes) Pemerintah Desa Bandar Agung gelar penyerahan Pas kecil dibawah GT7 kepada 78 para nelayan penerima sertifikat warga Desa Bandar Agung Dusun Kuala Jaya Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan. Jumat, 01/03/2024.

Dalam kesempatan itu Ferri Hendri Yamin mewakili Kepala Kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) kelas IV Bakauheni Dr. Capt. Tommy Aronda,M.Si, M.Mar, menyampaikan, pentingnya surat kelengkapan dan pemahaman tentang keselamatan saat para nelayan berlayar menangkap ikan di laut dan merasa terpanggil untuk membekali para nelayan khususnya pada saat berlayar di laut.

Menurut Ferri Hendri Yamin, bahwa berdasarkan undang-undang pelayaran pasal 1 ayat 56 syahbandar menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran, dengan memiliki sertifikasi Pas Kecil para nelayan akan merasa aman dan nyaman karena sudah lengkap persyaratan untuk berlayar.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan mengapresiasi atas kesadaran para nelayan Dusun Kuala Jaya Desa Bandar Agung Kabupaten Lampung Selatan untuk membuat Pas Kecil,” ucap Ferri Hendri Yamin.

Selain itu, imbuh Ferri Hendri Yamin Pas Kecil ini sudah berbasis aplikasi online E-Pas Kecil jika di cek di internet sudah terdaftar resmi di negara Republik Indonesia, juga sebenarnya nelayan ini bekali tiga yakni Pas Kecil, Surat Persetujuan Berlayar dan SKK.

Lebih lanjut terang nya, Syahbandar adalah pejabat pemerintah di pelabuhan yang diangkat oleh Menteri dan memiliki kewenangan tertinggi untuk menjalankan dan melakukan pengawasan

“Terhadap dipenuhinya ketentuan peraturan perundang undangan untuk menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran,” tandasnya Ferri Hendri Yamin.

Sementara itu dilain pihak Kepala Desa Bandar Agung. Sapri Yadi pada giat itu menambahkan, sangat mendukung sekaligus berterima kasih kepada KSOP kelas IV Bakauheni yang sudah memfasilitasi, menyerahkan Sertifikat kepada para warga masyarakat nelayan dengan pemberian pembekalan serta sertifikasi Pas Kecil.

Kepala Desa Bandar Agung Sapri Yadi menjelaskan, dengan memiliki sertifikat Pas Kecil (GT7) tidak perlu lagi kuatir dan ragu saat berlayar menangkap ikan atau takut kepada instansi atau stakeholder terkait saat ada operasi karena memiliki kelengkapan dan sertifikat Pas Kecil ini gratis tanpa dipungut biaya.

“Semoga kedepannya masyarakat para nelayan yang sudah memiliki sertifikat Pas Kecil lebih semangat dan sukses,” pungkasnya Kepala Desa Bandar Agung Sapri Yadi. (Rusdi)