Berita

Pembagian Sertifikat Tanah Program PTSL Desa Gunungsari Kec. Waled Cirebon

×

Pembagian Sertifikat Tanah Program PTSL Desa Gunungsari Kec. Waled Cirebon

Sebarkan artikel ini

CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Cirebon melakukan penyerahan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023 di Desa Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon , Selasa (19/03/2024).

Berlangsung di Balai Desa Gunungsari Kuwu Wendi menyerahkan sertifikat kepada warga Desa Gunungsari di dampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas secara simbolis kepada penerima sertifikat tanah untuk program PTSL tahun 2023.

Hal ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas tanah masyarakat.

“Sertifikasi program PTSL ini bertujuan untuk percepatan pemberian dalam kepastian hukum, dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat secara pasti, cepat, lancar, aman, adil dan merata, serta terbuka dan akuntabel,” kata Kuwu Wendi.

Kuwu Wendi melanjutkan, tidak adanya sertifikat tanah bisa sangat berpotensi menjadi masalah. Menurutnya sudah banyak kasus sengketa tanah dan sengketa lahan terjadi atas tidak adanya sertifikat tanah.

“Dengan telah dimilikinya sertifikat, maka status kepemilikan hak atas tanah menjadi jelas, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir lagi akan adanya sengketa atas kepemilikan hak tanahnya,” jelas Wendi

Masyarakat Waled Gunungsari ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Cirebon kepada bapak Camat, dan untuk Forkopimca, jajaran Kepala Desa dan panitia serta bapak/ibu sekalian dengan suksesnya di Desa Gunungsari ini,” jelasnya.

Melalui program ini Kuwu Wendi berpesan kepada masyarakat di Desa Gunungsari untuk dapat menjaga baik sertifikat tanah yang telah diberikan dan dapat memberdayakan tanah yang telah dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan. (Nurhari)