Berita

Pemerintah Tokyo Gandeng Pasona Selenggarakan Job Fair Bagi WNI yang Ingin Kerja di Jepang Gratis 

×

Pemerintah Tokyo Gandeng Pasona Selenggarakan Job Fair Bagi WNI yang Ingin Kerja di Jepang Gratis 

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Tokyo Gandeng Pasona Selenggarakan Job Fair Bagi WNI
Pemerintah Tokyo Gandeng Pasona Selenggarakan Job Fair Bagi WNI

PENANUSANTARA.ID – Pemerintah (Pemda) Tokyo memberikan subsidi kepada Pasona Group untuk selenggarakan Job Fair bagi WNI tahun ini membuka diri bagi warga Indonesia yang ada di Indonesia untuk melamar kerja ke berbagai perusahaan di Jepang saat ini.

“Peserta Job Fairs ada 15 perusahaan usaha kecil menengah (UKM) Jepang yang akan melakukan wawancara langsung dengan para WNI di Jakarta atau pun lewat online,” papar pejabat tinggi Pemda Tokyo, Shinji Takasu khusus kepada Tribunnews.com baru-baru ini.

Situs pemda Tokyo itu bisa dilihat di:

https://tcg.metro.tokyo.lg.jp/portal/jp

Yuriko Koike sebagai Gubernur Tokyo pun sangat mendukung Job Fair tersebut yang dimulai sejak 2021 namun karena adanya pandemi Corona sampai dengan tahun lalu, program tersebut tampaknya masih belum maksimal.

“Program ini untuk menghubungkan sumber daya manusia asing yang memiliki keahlian dan keterampilan tingkat lanjut dengan usaha kecil dan menengah yang ingin merekrut talenta luar negeri dan berlokasi di Tokyo,” papar Gubernur Koike.

Kami berharap, tambah Gubernur Koike, dengan berpartisipasi dalam bursa kerja ini, “Anda akan mengetahui betapa menariknya usaha kecil dan menengah di Tokyo selama masih berada di negara asal. Proyek ini akan menjadi penghubung Anda dan pekerjaan di Jepang. Karena globalisasi, banyak perusahaan Jepang mencari sumber daya manusia asing yang berbakat. Kami berharap para pendaftar berpartisipasi dengan baik,” paparnya lagi.

Pekerja yang direkrut dari empat negara yaitu Indonesia, India, Thailand dam Vietnam itu akan dibayarkan semua oleh Perusahaan Jepang tiketnya dan pengurusan Visa juga akan dilakukan perusahaan Jepang. Pelamar yang diterima kerja di Jepang hanya menyerahkan dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan Visa Kerja di Jepang.

Program ini bukanlah dengan visa TG (SSW) atau pemagangan, tetapi langsung mendapatkan visa kerja khusus untuk bekerja di Jepang.

“Bahkan kalau Perusahaan menganggap pekerja perlu dimasukkan ke sekolah bahasa Jepang di Tokyo, maka biaya sekolah sebagian akan dibayarkan oleh Pemda Tokyo,” tambah Takasu lagi.

Persyaratan kerja ini hanya dua. Pertama harus lulus Universitas. Kedua adalah Perkerja yang telah bekerja selama ini di sebuah perusahaan, memiliki pengalaman dan keahlian bekerja yang tinggi.

Semua pendaftaran dan aplikasi riwayat hidup segalanya dilakukan lewat situs Pemda Tokyo tersebut.

Nantinya komunikasi akan dilakukan dengan email ke masing-masing peserta yang mengajukan aplikasi tersebut.

Pendaftaran ditutup bulan Oktober dan tanggal 21 Oktober akan dilakukan wawancara dari perusahaan Jepang itu dengan para pelamar di Jakarta.

Sebanyak 5 perusahaan Jepang rencana akan ke Jakarta tanggal 21 Oktober 2023 melakukan tatap muka dengan para pelamar yang telah mengajukan lamarannya leway situs Pemda Tokyo itu.

Lima perusahaan Jepang itu masing-masing adalah:

Morii Manufacturing Co.Ltd Knowledge Creation Technology Co., Ltd. Exstan Immigration Lawyer Office Third-Place Network Co., Ltd. Global Platform Japan

Sedangkan 10 perusahaan Jepang yang melakukan wawancara dengan Online Zoom pada tanggal 22 Oktober 2023 adalah:

Aitoya, Inc. WeTec Co.,ltd. PAI,Ltd. Kenes Co., Ltd. Bizplus Inc. Axross Co.,Ltd. Sanbonmatsu Chaya Co., Ltd. Japan Resistor Sales Co.Ltd. Uplan Co.Ltd. Linkstaff Co;Ltd

Ada kemungkinan semuanya 15 perusahaan akan melakukan wawancara Zoom dan semua akan diberitahukan lewat email kepada semua peserta yang telah mengajukan lamaran lewat situs Pemda Tokyo.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya. (*/)