Berita

Pengamanan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Malang, Polisi Turunkan Puluhan Personel

×

Pengamanan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Malang, Polisi Turunkan Puluhan Personel

Sebarkan artikel ini

MALANG – Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, melakukan pengamanan kegiatan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 tingkat Kabupaten Malang. Kegiatan pengamanan dipimpin oleh Wakapolres Malang Kompol Imam Mustolih di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Kamis (29/2/2024).

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, menjelaskan bahwa pengamanan tersebut dilakukan sebagai langkah proaktif guna memastikan kelancaran pelaksanaan Penghitungan Suara, khususnya untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Malang.

“Dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan, Polres Malang telah menggelar pengamanan ketat di sekitar Gedung DPRD Kabupaten Malang, tempat berlangsungnya Rapat Pleno. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada gangguan atau hambatan dalam proses rekapitulasi hasil pemungutan suara,” ujar Ipda Dicka Ermantara saat dikonfirmasi di Polres Malang, Kamis (29/2).

Ipda Dicka menambahkan, sejumlah 35 personel kepolisian tampak berjaga-jaga di sejumlah titik strategis sekitar gedung, serta melakukan patroli intensif untuk memantau setiap perkembangan di sekitar lokasi kegiatan. Selain itu, pengaturan lalu lintas dan pemeriksaan kendaraan juga diperketat untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan.

“Saat ini, kami telah menerjunkan personel yang cukup untuk mengawal dan menjaga jalannya Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Malang. Semua ini dilakukan agar proses demokrasi berjalan lancar dan aman,” tambah Ipda Dicka.

Pihak Polres Malang juga berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk memastikan semua tahapan rekapitulasi dilakukan dengan transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan langkah-langkah keamanan yang diterapkan, diharapkan proses Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Malang dapat berjalan dengan aman, tertib, dan tanpa kendala, menjaga integritas demokrasi dan keamanan masyarakat setempat. (sl/dwi – hms)