Artikel dan UlasanDestinasiRagam

Pesona Taman Nasional Baluran dan Informasi Harga Tiket

×

Pesona Taman Nasional Baluran dan Informasi Harga Tiket

Sebarkan artikel ini
Taman Nasional Baluran
Pesona Taman Nasional Baluran dan Informasi Harga Tiket (yukbanyuwangi.co.id)

PENANUSANTARA.ID – Taman Nasional Baluran Situbondo terletak di bagian ujung timur Pulau Jawa. Wisata ini mempersembahkan keindahan alam dan konservasi flora fauna yang menakjubkan. Keelokan alamnya begitu menawan sehingga sering dijuluki sebagai “Africa Van Java.” Tempat ini terletak di Kabupaten Situbondo dan berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi.

Mari kita eksplorasi dengan detail segala daya tarik wisatanya, mulai dari keberagaman satwa dan tumbuhan yang ada di dalamnya, hingga informasi mengenai biaya tiket masuk dan rute perjalanan menuju Taman Nasional Baluran.

Pesona Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo

Menurut informasi yang terdapat di laman balurannationalpark.id, Taman Nasional Baluran merupakan kawasan pelestarian alam dengan ekosistem masih alami. Pengelolaannya disusun dalam sistem zonasi yang berfungsi untuk keperluan penelitian, pendidikan, budidaya, dan pariwisata.

Lanskap alamnya menyerupai pemandangan di Afrika, terutama pada musim kemarau. Saat musim penghujan, rerumputan tumbuh subur, menciptakan panorama indah di sekitar Gunung Baluran.

Beberapa lokasi menarik dapat dijelajahi untuk menikmati kecantikan alam Taman Nasional Baluran Situbondo, seperti Savana Bekol dan Pantai Bama.

Savana Bekol

Savana Bekol merupakan wilayah padang rumput yang terdapat di dalam Taman Nasional Baluran. Sabana yang ada di Taman Nasional Baluran ini merupakan yang terluas di Pulau Jawa. Taman Nasional Baluran sendiri mencakup luas sekitar 25.000 hektar yang melibatkan beragam ekosistem, termasuk lautan, pegunungan, hutan, dan padang rumput. Padang rumput ini sering diidentifikasi sebagai “Africa Van Java.” Agar dapat menikmati pemandangan sabana secara menyeluruh, disarankan untuk mendaki menara pandang dan menikmati keindahan Taman Nasional Baluran dari ketinggian.

Pantai Bama

Di wilayah Taman Nasional Baluran Situbondo, pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Bama. Untuk mencapai Pantai Bama yang terletak di Kabupaten Situbondo, perjalanan sekitar 8 km harus ditempuh dari gerbang Taman Nasional Baluran. Sebelum mencapai pantai, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan menarik sepanjang perjalanan di dalam Taman Nasional Baluran.

Pantai Bama menawarkan pesona pantai berpasir putih dengan air yang bening. Pengunjung dapat menjelajahi hutan mangrove melalui jembatan pandang yang tersedia. Keunikan tempat ini terletak pada statusnya sebagai habitat alami berbagai satwa liar, termasuk kera dan berbagai jenis burung endemik Jawa Timur.

Bagi para pecinta diving atau snorkeling, Pantai Bama menyuguhkan keindahan bawah laut yang memukau. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas memancing atau hanya bersantai sambil menikmati hidangan lezat di warung sekitar.

Aneka Flora dan Fauna

Merujuk pada informasi yang diambil dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam artikel tahun 2020, Taman Nasional ini berperan sebagai ekosistem bagi 715 jenis flora, 28 jenis mamalia, 234 jenis burung, dan 358 jenis ikan. Flora dan fauna di dalamnya mendapatkan perlindungan dan upaya pembiakan untuk menjaga keberlanjutan populasi mereka.

Menurut laman Pemkab Banyuwangi, beberapa satwa yang mendiami Taman Nasional Baluran Situbondo ini antara lain banteng Jawa, rusa Timor, kerbau liar, babi hutan, anjing hutan, macan tutul, kera abu-abu, lutung, dan biawak.

Adapun berbagai jenis burung yang mendiami Taman Nasional tersebut meliputi cangak laut, cangak abu, bangau tong-tong, rajaudang biru, gajahan pengala, trinil pantai, kuntul karang, dan wiliwili besar.

Dari segi flora, beberapa jenis tanaman yang dapat ditemui di Taman Nasional Baluran mencakup widoro bukol, pilang, mimbo, dan kesambi.

Harga Tiket Masuk

Dilansir dari laman Pemkab Situbondo, tarif tiket masuk Taman Nasional Baluran dibedakan berdasarkan kategori pengunjung, baik itu domestik maupun mancanegara. Untuk tiket pada hari biasa (Weekday), berlaku tarif sebagai berikut:

  • Turis domestik: Rp 16.500 per orang.
  • Turis mancanegara: Rp 150.000 per orang.

Sedangkan untuk tiket pada hari libur (Hari Libur), berlaku tarif sebagai berikut:

  • Turis domestik: Rp 18.500 per orang.
  • Turis mancanegara: Rp 220.000 per orang.

Lokasi dan Rute Menuju Tempat Wisata

Wisata ini terletak di Situbondo, Jawa Timur, dengan batas wilayah yang jelas. Di bagian utara, wisata ini berbatasan Selat Madura. Lalu, sisi timur berbatasan Selat Bali. Sementara bagian selatan berbatasan Desa Wonorejo, Desa Bajulmati, Sungai Bajulmati, juga Desa Watukebo. Sementara itu, di sebelah barat, taman ini berbatasan dengan Sungai Kelokoran dan Desa Sumberwaru.

Dari pusat kota, jarak menuju Taman Nasional Baluran yakni sekitar 72 km atau sekitar 1 jam 50 menit. Sedangkan dari pusat kota Banyuwangi, jarak menuju Taman Nasional Baluran Situbondo yakni sekitar 57 km atau sekitar 1 jam 30 menit.

(*/Siska)