Berita

Polres Bondowoso Adakan Kegiatan Apel Gelar Pasukan Dan Peralatan Penanggulangan Bencana

×

Polres Bondowoso Adakan Kegiatan Apel Gelar Pasukan Dan Peralatan Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, PENANUSANTARA.ID Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto, SH. S.I.K melalui Wakapolres Bondowoso Kompol. Joes Indra Lana Wira, SH pimpin Apel gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi tahun 2023-2024 di wilayah Kabupaten Bondowoso. 30/11 2023.

Apel dilaksanakan di lapangan Mapolres Bondowoso dan diikuti oleh seluruh jajaran Polres Bondowoso, Samapta Polres Bondowoso, Kodim Bondowoso, 514 Raider, Brimob, personel perwakilan instansi diantaranya BPBD, Satpol PP, Damkar, Tagana, Perhutani, SAR, serta Dinas Perhubungan dengan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Bondowoso.

Selaku Inspektur Gelar Apel Pasukan dan Peralatan dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana Hidrometeorologi diwilayah Bondowoso Wakapolres Bondowoso Kompol. Joes Indra Lana Wira, SH, yang mengatakan bahwa memasuki bulan Desember tahun 2023 ini, kabupaten Bondowoso sudah memasuki musim penghujan yang berpotensi terjadinya cuaca ekstrem dengan intensitas hujan yang tinggi, maka perlu dilaksanakan apel kesiapsiagaan bencana.

“Saat musim hujan, lakukan hal-hal yang dapat meminimalkan bencana seperti berpola hidup sehat tidak membuang sampah di saluran air, lakukan pemangkasan dahan pohon yang tinggi, agar terhindar dari tumbangnya pohon terkena terjangan angin, “ungkap Wakapolres.

“Dan jangan henti-hentinya untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu waspada saat terjadi hujan lebat, berikan peringatan sejak dini akan potensi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Bondowoso, ” tuturnya.

Tak hanya itu saja, Wakapolres juga memerintahkan agar memberikan himbauan kepada masyarakat untuk waspada dan selalu memperhatikan peringatan yang telah terpasang sejak dini.

” Apel kesiapsiagaan bencana Hidrometeorologi tahun 2023-2024 dilaksanakan untuk membangun partisipasi dan kemitraan dengan melibatkan para stake holder, termasuk diantaranya kesiapan peralatan oleh Satuan Samapta Polres Polres Bondowoso, “ujar Kompol. Joes Indra Lana Wira, SH.

Wakapolres Bondowoso juga menambahkan, Polres Bondowoso juga telah menyiapkan berbagai peralatan untuk menghadapi kedaruratan bencana, meningkatkan kesiapsiagaan yang tinggi, sehingga saat terjadi bencana di kabupaten Bondowoso, sudah siap, baik alat ataupun personel.

“Dalam kegiatan apel ini sudah kita siapkan peralatan Satuan Samapta Polres Bondowoso, yang siap digunakan dalam membantu penanggulangan bencana Hidrometeorologi yang mungkin terjadi di Kabupaten Bondowoso, “ tambahnya.

Diakhir apel gelar pasukan ini, seluruh peralatan baik dari BPBD, PMI, Dishub, SAR, maupun peralatan Satuan Samapta Polres Bondowoso dicek oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Bondowoso.

(Hms/Red)