Berita

Polres Bondowoso Menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2024

×

Polres Bondowoso Menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2024

Sebarkan artikel ini

BONDOWOSO – Kapolres Bondowoso Akbp Lintar Mahardhono,S.H, S.I.K., M.I.K, melalului Waka Polres Bondowoso Kompol Jhoes Indra Lana ,S.H,M.H Pimpin apel gelar pasukan operasi keselamatan Semeru 2024 bertempat di Halaman Mapolres Bondowoso, Sabtu (02/03/2024) .

Dalam amanatnya Kapolres Bondowoso Akbp Lintar Mahardhono,S.H, S.I.K., M.I.K., yang di wakili oleh Waka Polres Bondowoso Kompol Jhoes Indra Lana S.H,M.H menyampaikan bahwa Fungsi kepolisian negara republik Indonesia dalam pemerintahan negara di bidang lalu lintas dan angkutan jalan yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 2 tahun 2022 tentang kepolisian negara republik Indonesia dan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kemseltibcar lantas) Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Membangun budaya tertib berlalu lintas dan Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Tujuan dari ke empat fungsi maupun tugas tersebut tentunya adalah agar polisi lalu lintas mampu memberikan jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan sehingga masyarakat dapat terbebas dari ancaman serta gangguan dalam beraktifitas di jalan dan amanat dari undang-undang tersebut merupakan tugas yang berat dan sangat kompleks sehingga tidak akan mampu apabila ditangani oleh polantas sendiri, melainkan harus didukung oleh para pemangku kepentingan dibidang lalu lintas lainnya untuk menjadi dasar dalam menemukan dan menyelesaikan akar permasalahan yang ada.

Polri telah menetapkan pelaksanaan operasi keselamatan tahun 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia selama 14 hari yaitu dari tanggal 04 s/d 17 Maret 2024 dengan tema “Keselamatan berlalu lintas guna mewujudkan Indonesia maju“ sedangkan sandi operasi keselamatan tahun 2024 di Polda Jawa Timur yaitu “Operasi Keselamatan Semeru 2024”.

Selalu menjaga dan menciptakan situasi yang kondisuf menjelang masuknya bulan suci Ramadhan tahun 2024 serta persiapan pelaksanaan operasi ketupat 2024 dari sekarang. (Yetno/Rudi)