Berita

Polres Malang Gelar Forum Jumat Curhat di Pondok Pesantren Rejo Darul Mustofa

×

Polres Malang Gelar Forum Jumat Curhat di Pondok Pesantren Rejo Darul Mustofa

Sebarkan artikel ini

MALANG – Polres Malang terus mengintensifkan Forum Jumat Curhat sebagai wujud nyata mendekatkan diri dengan masyarakat. Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Rejo Darul Mustofa, Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, pada Jumat (23/2/2024).

Wakapolres Malang, Kompol Imam Mustolih, memimpin kegiatan ini di kediaman Pengasuh Ponpes Rejo Darul Mustofa, KH Romo Ahmad Soeroso. Turut hadir dalam acara tersebut pejabat utama Polres Malang, Muspika Kecamatan Gondanglegi, serta pengurus dan ustaz Ponpes Rejo Darul Mustofa.

Dalam sambutannya, Wakapolres Malang, Kompol Imam Mustolih, menjelaskan bahwa kegiatan Forum Jumat Curhat merupakan program Polri untuk menyerap aspirasi dan mendekatkan diri dengan masyarakat. Lebih dari sekadar silaturahmi, program ini menjadi bentuk kepedulian kepolisian terhadap aspirasi, usulan, dan keluhan masyarakat, termasuk dari kalangan pondok pesantren.

“Kami tidak hanya menjalankan tugas untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), namun juga berkomitmen untuk mendengar dan merespons aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk dari pondok pesantren,” ujar Wakapolres Kompol Imam Mustolih, Jumat (23/2).

Menurutnya, menjaga Kamtibmas merupakan tugas pokok kepolisian, tetapi upaya pencegahan kejahatan juga memiliki peran yang sangat penting. Kompol Imam Mustolih menekankan pentingnya pencegahan dalam menjaga keamanan.

“Kita bangga bahwa menangkap pelaku kejahatan adalah prestasi, namun lebih mulia melakukan pencegahan terjadinya kejahatan,” tambahnya.

Dalam suasana yang penuh keakraban, Wakapolres dan rombongan memberikan kesempatan kepada masyarakat dan pengurus ponpes untuk menyampaikan aspirasi, usulan, serta keluhan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Forum Jumat Curhat di Pondok Pesantren Rejo Darul Mustofa diharapkan dapat menjadi wahana yang efektif dalam membangun sinergi antara kepolisian dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Kegiatan serupa diharapkan akan terus dilakukan secara berkala sebagai bentuk nyata komitmen Polres Malang untuk mendengar dan merespons kebutuhan serta harapan masyarakat, menjadikan kepolisian sebagai mitra yang dapat dipercaya dan mendekatkan diri dengan prinsip pelayanan kepada masyarakat. (hms/dwi)