Berita

Polres Malang Intensifkan Patroli Menjelang Hari Raya Nyepi 2024 dan Cuti Bersama

×

Polres Malang Intensifkan Patroli Menjelang Hari Raya Nyepi 2024 dan Cuti Bersama

Sebarkan artikel ini

MALANG – Dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang perayaan Hari Raya Nyepi 2024 dan Cuti Bersama, Polres Malang terus mengintensifkan patroli di berbagai wilayah. Upaya ini dijalankan guna mencegah potensi kejahatan jalanan dan menjaga ketertiban masyarakat selama libur panjang yang sebentar lagi akan tiba.

Pelaksanaan patroli dilakukan oleh Satuan Samapta (Satsamapta) Polres Malang serta Polsek jajaran yang terlibat aktif dalam operasi keamanan ini. Polres Malang berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat selama periode libur panjang yang diwarnai perayaan Hari Raya Nyepi dan Cuti Bersama.

Patroli dilakukan secara menyeluruh, mencakup kawasan perbankan, toko emas, ATM, hingga permukiman warga. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap potensi kenaikan aktivitas kejahatan selama libur panjang, di mana pelaku kriminal cenderung memanfaatkan situasi yang kurang terjaga untuk melancarkan aksi mereka.

Selain menjaga keamanan fisik, Polres Malang juga berupaya membangun hubungan yang baik dengan masyarakat melalui patroli dialogis. Petugas patroli aktif berinteraksi dengan warga setempat, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, dan mendengarkan aspirasi serta keluhan yang mungkin ada di tengah masyarakat.

“Kami tidak hanya hadir untuk menjaga keamanan, tetapi juga ingin menjadi mitra yang bisa diandalkan oleh masyarakat. Patroli dialogis adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat, sehingga bersama-sama kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman,” kata Ipda Dicka Ermantara di Polres Malang, Minggu (10/3/2024).

Polres Malang berharap bahwa kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa tenang dan kepercayaan kepada warga. Dengan sinergi antara aparat kepolisian dan masyarakat, diharapkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dapat terus terjaga, menjadikan libur panjang ini sebagai momen yang menyenangkan dan bermakna bagi seluruh lapisan masyarakat. (hms – sl/dwi)