Artikel dan UlasanDestinasiEdukasiRagam

Rekomendasi 10 Destinasi Bersejarah yang Menarik

×

Rekomendasi 10 Destinasi Bersejarah yang Menarik

Sebarkan artikel ini
Destinasi Bersejarah yang Menarik
Gambar Ilustrasi (pixabay)

PENANUSANTARA.ID – Indonesia adalah negara yang kaya akan sejarah dan budaya. Di setiap sudutnya, terdapat destinasi bersejarah yang menarik untuk dijelajahi. Jika Anda pecinta sejarah, tak ada yang lebih memuaskan daripada mengunjungi tempat-tempat yang menghidupkan kembali kisah-kisah lama. Inilah 10 destinasi bersejarah yang menarik dan pasti akan memukau Anda.

10 Destinasi Bersejarah yang Menarik

1. Candi Borobudur, Yogyakarta

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang terletak di Yogyakarta. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra dan merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Mengelilingi candi ini, Anda akan menemukan relief-relief yang indah yang menceritakan kisah-kisah dari ajaran Buddha. Tidak hanya itu, pemandangan matahari terbit di atas candi ini juga sangat memukau.

2. Candi Prambanan, Yogyakarta

Tak jauh dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan yang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Dibangun pada abad ke-9, candi ini merupakan contoh arsitektur Hindu yang megah. Jangan lewatkan pertunjukan Ramayana Ballet yang menampilkan cerita epik Ramayana dengan latar belakang candi yang memukau.

3. Kota Tua, Jakarta

Kota Tua Jakarta adalah saksi bisu dari masa penjajahan Belanda di Indonesia. Di sini, Anda dapat menjelajahi bangunan-bangunan tua yang masih berdiri kokoh, seperti Gedung Bank Indonesia dan Museum Fatahillah. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berkeliling dengan sepeda tua atau naik delman untuk merasakan atmosfer kuno yang masih terasa di Kota Tua.

4. Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Benteng Vredeburg adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak di Yogyakarta. Benteng ini menjadi saksi perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan Belanda. Kini, benteng ini telah diubah menjadi museum yang memamerkan koleksi-koleksi sejarah perjuangan bangsa. Jangan lewatkan pula pertunjukan multimedia yang menghidupkan kembali momen-momen penting dalam sejarah Indonesia.

5. Taman Sari, Yogyakarta

Taman Sari adalah kompleks istana yang dulu digunakan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan Mataram. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan kolam-kolam air dan bangunan-bangunan indah yang masih tersisa. Jelajahi juga lorong-lorong bawah tanah yang misterius yang dahulu digunakan sebagai tempat bermain air oleh para putri kerajaan.

6. Keraton Solo, Surakarta

Keraton Solo adalah istana yang menjadi pusat kebudayaan Jawa di Surakarta. Istana ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Islam dan menjadi tempat tinggal bagi raja-raja Solo. Kunjungi istana ini dan nikmati keindahan arsitektur Jawa yang megah, serta saksikan pertunjukan seni tradisional Jawa yang menakjubkan.

7. Candi Mendut, Magelang

Candi Mendut adalah candi kecil yang terletak dekat dengan Candi Borobudur. Meskipun ukurannya lebih kecil, candi ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Di dalam candi ini terdapat patung-patung Buddha yang indah dan relief-relief yang menceritakan kisah-kisah dari ajaran Buddha. Jangan lewatkan juga festival Waisak yang diadakan setiap tahun di Candi Mendut.

8. Benteng Belgica, Maluku

Benteng Belgica adalah benteng peninggalan Portugis yang terletak di Pulau Banda, Maluku. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 dan menjadi saksi bisu dari perjuangan para pedagang rempah-rempah di masa lalu. Dari atas benteng ini, Anda dapat menikmati pemandangan laut yang indah dan menghayati sejarah yang terkandung di dalamnya.

9. Goa Jepang, Sulawesi Selatan

Goa Jepang adalah kompleks gua yang digunakan sebagai tempat persembunyian oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II. Gua-gua ini terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jelajahi gua-gua ini dan rasakan atmosfer misterius yang terasa di dalamnya. Di beberapa gua, Anda juga akan menemukan tulisan-tulisan dan gambar-gambar yang ditinggalkan oleh tentara Jepang.

10. Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu adalah gedung peninggalan Belanda yang terletak di Semarang. Gedung ini memiliki sejarah yang menarik dan sering dianggap sebagai salah satu bangunan berhantu di Indonesia. Meskipun begitu, Lawang Sewu tetap menarik minat para wisatawan karena keindahan arsitekturnya yang unik. Jelajahi ruang-ruang dalam gedung ini dan dengarkan cerita-cerita mistis yang mengelilinginya.

Itulah 10 destinasi bersejarah yang menarik di Indonesia. Jelajahi tempat-tempat ini dan rasakan sendiri keajaiban dan keindahan sejarah yang terkandung di dalamnya. Dengan mengunjungi destinasi bersejarah, Anda tidak hanya akan belajar tentang masa lalu, tetapi juga menghidupkan kembali kisah-kisah lama yang tak terlupakan. Selamat menjelajahi!