Teknologi

Sangat Mudah, 12 Cara Cek Kecepatan Internet

×

Sangat Mudah, 12 Cara Cek Kecepatan Internet

Sebarkan artikel ini
Sangat Mudah, 12 Cara Cek Kecepatan Internet
Sangat Mudah, 12 Cara Cek Kecepatan Internet

Cara Cek Kecepatan Internet – Internet memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia di era digital ini. Internet mempunyai kecepatan koneksi untuk memudahkan proses pencarian, semakin cepat fungsi internet, maka semakin efektif penggunaanya.

Kecepatan internet ini dapat di pengaruhi beberapa faktor. Namun internet biasanya bermasalah berupa,  internet yang ditandai dengan koneksi lambat dan tidak dapat di akses. Untuk mengetahui internet Anda mengalami masalah atau tidak, Anda perlu melakukan cek kecepatan internet yang sedang di pakai.

12 Cara Cek Kecepatan Internet Paling Gampang Dilakukan

Anda dapat memeriksa koneksi internet Anda sendiri tanpa harus menghubungi operator atau ISP Anda. Tentu saja ini akan menjadi lebih mudah, karena Anda tidak harus menunggu lama untuk melihat apa yang menjadi masalah pada internet Anda.

Dengan cara cek kecepatan internet ini Anda dapat mengetahui apa yang menyebabkan internet melambat. Cara cek kecepatan internet ini dapat di lakukan untuk mengukur kecepatan internet saat mengunduh atau melakukan browsing.

1.      Speedtest.net

Cara cek kecepatan internet yang pertama dapat di lakukan dengan menggunakan website yaitu speedtest.net. Namun tentunya Anda harus memiliki koneksi internet atau sinyal yang stabil untuk mengakses situs web.

Untuk melakukannya, Anda bisa langsung masuk ke situs web speedtest.net dan memilih opsi “GO” di tengah halaman untuk mulai menguji kecepatan internet Anda. Speedtest.net akan menghitung kecepatan internet Anda secara akurat. Kemudian tnggu hingga hasil perhitungan yang di lakukan website ini selesai.

Saat memeriksa kecepatan internet, jangan membuka media atau situs web lain untuk hasil yang lebih akurat.

2.      Indihome Speedtest

Anda juga dapat melakukan tes kecepatan internet Indihome dengan mudah dan akurat. Cara cek kecepatan internet dengan Indihome Speedtest ini juga sangat mudah dan dilakukan secara online. Pertama Anda perlu membuka situs web Indihome Speedtest. Dan pilih menu yang bertuliskan GO.

Pilih opsi GO untuk mengecek kecepatan internet Anda dari Indihome. Selama proses pengecekan ini, tunggu hingga hasilnya muncul dan jangan buka aplikasi lain untuk hasil yang lebih akurat.

3.      CBN Speed Test

Cara cek kecepatan internet juga bisa dilakukan di website CBN Speed​​​​Test. Situs ini merupakan penyedia layanan cek kecepatan internet yang akurat. Sebelum melakukan pengecekan, pastikan PC atau laptop Anda sudah terinstall Adobe Flash Player.

Masuk ke menu CBN Speed ​​untuk memulai proses. Secara otomatis, Speedtest CBN akan melakukan proses perhitungan untuk menguji koneksi internet Anda. Proses tersebut akan selesai ketika CBN Speedtest menampilkan hasil tes di layar.

Hasil perhitungan meliputi unggahan, unduhan, ping, dan lainnya. Dengan hasil tersebut, Anda bisa memperkirakan rata-rata kecepatan internet yang Anda gunakan.

4.      Fast.Com

Cara cek kecepatan internet di PC dengan Fast.Com ini lebih mudah untuk di lakukan. Anda hanyaperlu mengunjungi situsnya dan secara otomatis, Fast Com akan mengecek kecepatan internet Anda. Setelah proses selesai, hasilnya akan ditampilkan di layar secara otomatis.

Jika selama proses pengecekan terjadi gangguan sinyal atau jaringan, Anda dapat memilih menu refresh dan proses dapat di lanjutkan. Hasil cek Fast Com menunjukkan hasil kecepatan upload, dan download saja.

5.      MyRepublic

Anda juga bisa menggunakan situs MyRepublic.co.id untuk mengecek kecepatan internetmu, lho! Anda hanya perlu membuka halaman situs MyRepublic, dan saat muncul halaman Speed ​​Test, langsung klik ‘GO’ di layar.

Situs akan melakukan check in sekitar 30 detik dan akan langsung menampilkan hasilnya. Setelah pengecekan selesai, akan muncul informasi di layar mengenai hasil pengecekan kecepatan download, upload, ping dan jitter koneksi internet.

6.      Aplikasi NetMaster

Net Master adalah aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk cara cek kecepatan internet. Untuk menggunakannya Anda dapat menginstalnya terlebih dahulu dan kemudian melakukan opsi Start Test.

Secara otomatis, server akan melakukan proses pengecekan dan perhitungan secara cepat. Setelah selesai, hasilnya akan ditampilkan di layar PC termasuk kecepatan unggah, unduh, dan ping.

7.      Bandwidth Place

Situs Bandwidth Place dapat di gunakan untuk cara cek kecepatan internet Anda secara online. Anda dapat mengunjungi situs web nya dan memilih menu Mulai. Setelah itu tunggu hingga Bandwidth Place melakukan proses perhitungan untuk jaringan internet Anda. Lalu hasil yang di tampilkan akan menunjukkan kecepatan upload dan download yang di lakukan jaringan internet Anda.

8.      Ping Test Net

Situs Ping Test Net adalah salah satu situs tes kecepatan internet yang paling sederhana. Ping Test ini menyediakan fasilitas untuk mengecek dan menghitung kecepatan internet. Selain itu, hasil yang di berikan situs ini sama dengan yang di berikan hampir semua situs lainnya. Yang harus Anda lakukan hanyalah membuka situs Ping Test dan pilih opsi Power di halaman Ping Test Net.

9.      Speedtest CBN

CBN merupakan perusahaan Internet Service Provider (ISP) di Indonesia yang menyediakan fasilitas untuk menguji kecepatan internet dengan mudah. Untuk cara cek kecepatan internet di Speedtest CBN ini Anda perlu mengunjungi situs CBN terlebih dahulu.

Kemudian klik ‘GO’ dan situs akan langsung melakukan proses pengecekan. Sama seperti situs tes kecepatan internet lain, informasi yang Anda dapatkan dari hasil tes CBN Speedtest adalah kecepatan download, kecepatan upload, dan jitter.

10.  Aplikasi V SPEED Test

Aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung dan mengecek kecepatan internet di Android selanjutnya adalah V Spees. Untuk, informasi, aplikasi ini telah di unduh oleh banyak pengguna smartphone karena perhitungannya yang tidak rumit.

Aplikasi V SPEED memberikan hasil berupa kecepatan download dan upload sama seperti aplikasi cek kecepatan internet yang lain. Fasilitas untuk mencari jaringan atau sinyal Wifi juga ada di aplikasi yang satu ini.

11.  Fast Speed Test

Aplikasi Fast Speed ​​Test juga merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk cara tes kecepatan internet di Android. Aplikasi ini di keluarkan oleh Netflix yang sangat mirip dengan versi website. Tes Kecepatan Internet di situs ini berjalan secara otomatis, jadi Anda tidak perlu mengklik menu apa pun.

12.  Aplikasi Internet Speed Test

Cara cek kecepatan internet selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Internet Speed Test. Aplikasi ini menyediakan fasilitas cek kecepatan internet di Android yang mudah untuk di gunakan. Anda dapat mengunduh Internet Speed Test dan menginstalnya di ponsel cerdas Anda.

Setelah aplikasi terpasang, pilih menu Perform untuk mengetahui dan mengecek kecepatan internet Anda. Kemudian Internet Speed Test akan memberi Anda hasil perhitungan yang mencakup pemeriksaan kecepatan unggah dan unduh yang diakukan jaringan internet Anda.

Demikanlah pembahasan mengenai cara cek kecepatan internet yang mudah dan praktis untuk di lakukan. Anda hanya membutuhkan satu klik tombol pada halaman, dan Anda akan mendapatkan hasilnya. Tunggu Apa lagi, Yuk! tes kecepatan internetmu sekarang!