Berita

Satlantas Polres Majalengka dan Dishub Lakukan “Ram Check” Kendaraan Umum Jelang Mudik Lebaran

×

Satlantas Polres Majalengka dan Dishub Lakukan “Ram Check” Kendaraan Umum Jelang Mudik Lebaran

Sebarkan artikel ini

Majalengka – Menjelang arus mudik Lebaran, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Majalengka, Polda Jabar bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melaksanakan “ram check” atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum, khususnya Bus. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan menyambut momentum mudik Lebaran tahun ini.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, melalui Kasat Lantas AKP Mochammad Ali, menjelaskan bahwa ram check dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan oleh masyarakat saat arus mudik maupun libur Lebaran.

“Pemeriksaan dilakukan terhadap sistem fungsi rem, fungsi lampu, kondisi ban, alat pemecah kaca, kondisi wiper, serta kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelengkapan pengemudi Bus,” ujar AKP Mochammad Ali, pada Selasa (2/4/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap kendaraan angkutan, khususnya Bus, yang beroperasi telah memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. Dengan demikian, diharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas selama periode mudik maupun balik Lebaran tahun 2024.

“Kami juga menghimbau kepada pengemudi Bus agar selalu mentaati aturan lalu lintas dan menghormati pengguna jalan lainnya. Dengan kerjasama dan kesadaran bersama, kami berharap mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan aman, nyaman, dan penuh makna bagi semua orang,” tambah Kasat Lantas Polres Majalengka.

Dengan adanya “ram check” ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih percaya diri dan aman saat menggunakan layanan transportasi umum, serta dapat berkontribusi dalam menciptakan situasi lalu lintas yang lebih teratur dan aman selama periode mudik Lebaran. (nurhari)