Berita

Tiga Kades PAW Resmi Dilantik, Berikut Pesan Bupati Situbondo

×

Tiga Kades PAW Resmi Dilantik, Berikut Pesan Bupati Situbondo

Sebarkan artikel ini

Situbondo, PENANUSANTARA.ID – Bupati Situbondo, Karna Suswandi, berpesan kepada para kepala desa khususnya tiga orang kepala desa yang baru dilantik pergantian antar waktu atau PAW periode 2019-2025.

“Laksanakan tugas sebaik mungkin. Banyaklah bertanya kepada orang yang tepat,” ujar Bupati Karna usai pelantikan tiga kepala desa di Pendopo Situbondo, Rabu (9/8/2023).

Pesan tersebut disampaikan Bupati Karna Suswandi mengingat dari tiga orang mantan kepala desa, dua orang di antaranya yakni Kepala Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur dan Desa Paowan Kecamatan Panarukan, tersandung masalah hukum.

“Jangan mengambil keputusan yang tidak diketahui. Banyaklah bertanya dan manfaatkan beberapa lembaga bantuan hukum seperti bagian hukum, kejaksaan, inspektorat dan lainnya untuk sharing,” kata Bupati.

Bupati juga berpesan agar mereka bekerja sesuai dengan visi dan misi yang disampaikan saat musyawarah desa atau musdes PAW. Visi misi bisa dicapai dengan kerja keras, cerdas dan tuntas.

Bupati juga meminta kepada para kepala desa agar jangan menjanjikan menggratiskan pembayaran pajak bumi dan bangunan atau PBB. Karena PBB itu adalah kewajiban setiap warga negara. Apalagi, PBB menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli daerah atau PAD.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengembangan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Situbondo, Suriyatno mengaku bahwa tiga orang yang di PAW satu orang karena meninggal dunia, dan dua orang lainnya bermasalah dengan hukum.

“Kepala Desa Kandang Kecamatan Kapongan diganti karena meninggal dunia. Sedangkan kepala desa Paowan dan Banyuglugur tersandung masalah hukum,” ujarnya.

Para kepala desa PAW ini dipilih melalui musyawarah desa atau musdes. Musdes dilakukan oleh perwakilan masyarakat desa yang sudah disepakati, baik perwakilan tokoh masyarakat, RT, RW, perwakilan dari kaum perempuan, termasuk perwakilan masyarakat miskin.

Adapun tiga orang kepala desa yang dilantik PAW yaitu Kepala Desa Paowan Kecamatan Panarukan Surya Dharma, Kepala Desa Kandang Kecamatan Kapongan Sumlati, dan Kepala Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Sumarno.

“Mereka akan bekerja sampai 2025 mendatang, “pungkasnya. (Red)