Teknologi

Tips Membuat Password Yang Aman, Tak Mudah Dibobol

×

Tips Membuat Password Yang Aman, Tak Mudah Dibobol

Sebarkan artikel ini
Tips Membuat Password Yang Aman
Tips Membuat Password Yang Aman

Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan tips membuat password yang aman dan tak mudah di bobol. Karena di dunia digital saat ini,  kata sandi atau password menjadi bagian yang sangat vital  dalam kehidupan pengguna internet, khususnya pengguna smartphone dan laptop.

Password di gunakan lebih dari sekadar masuk ke media sosial atau email. Beberapa pengguna  menggunakan password untuk mengunci data atau file penting. Pasalnya, beberapa data sensitif di media Internet semuanya yang di lindungi dengan password.

Tips Membuat Password Yang Aman

Secara natural, orang membuat password berdasarkan sesuatu yang dekat dengannya misalnya tanggal lahir, tanggal menikah, nama pasangan, nama anak, dll. Membuat kata sandi menggunakan data ini tidak sulit, tetapi sangat tidak aman dan kata sandinya sangat rentan terhadap peretas.

Seperti yang telah di sebutkan di atas, berikut tips  membuat password yang kuat dan tidak mudah  di bobol yaitu:

·         Kombinasikan Password Berupa Huruf, Angka Dan Karakter

Salah satu tips yang sering kita gunakan saat membuat password adalah menggunakan huruf atau angka saja. Tentu saja, ini  membuat kata sandi lebih mudah di tebak. Untuk menghindari hal ini, kamu harus menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus, karena ini sangat berguna untuk menghindari hacker.

Di ketahui hacker dapat memecahkan kata sandi menggunakan “serangan kamus” atau menggunakan kata-kata pendek. Hanya ada 26 karakter yang harus di ingat, tetapi keyboard memiliki 95 huruf dan simbol yang dapat di gunakan untuk membuat kombinasi password yang kuat atau rumit.

·         Kombinasi Huruf Kecil Dan Huruf Besar

Kamu yang sudah lama menggunakan komputer, tentu sangat familiar dengan huruf kapital. Maka dari itu, untuk membuat password yang kuat dan sulit di tebak, kamu bisa menggunakan kombinasi huruf kecil dan huruf besar. Kombinasi ini akan sulit di tebak oleh hacker. Lalu yang terpenting, adalah hindari penggunaan kombinasi untuk kata-kata umum atau yang sering di gunakan oleh kebanyakan orang.

·         Pasword Lebih Panjang Maka Lebih Kuat

Kata sandi atau pasword yang kuat dapat berasal dari kata sandi yang panjang. Ada yang mengatakan bahwa pasword yang lebih panjang lebih dapat di andalkan dan kecil kemungkinannya untuk di hack.  Yang perlu di perhatikan adalah membuat pasword minimal 8 karakter dengan kombinasi khusus. Lebih ideal jika kamu terbiasa dengan pasword menggunakan 10-16 karakter.

·         Jangan Gunakan Bahasa Asing Yang Mudah Ditebak

Jika kamu tinggal di Indonesia, pastikan untuk mempertimbangkan penggunaan kata sandi dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris, agar teman dekat kamu tidak dapat dengan mudah menebaknya. Namun, ini ternyata salah karena sebagian besar hacker berasumsi bahwa pasword yang di gunakan oleh sebagian besar pengguna Internet adalah kata-kata bahasa Inggris.

Jadi, sekali lagi, hindari penggunaan kata-kata bahasa asing. Kalaupun masih ingin menggunakan bahasa Inggris, harus mempersulit tebakan dengan menggabungkan angka dan karakter khusus.

·         Hindari Pengunaan Nama Dan Tanggal Lahir

Tips lain yang selalu di gunakan dalam membuat password adalah seringnya menggunakan nama dan tanggal lahir. Tentu saja, ini membuat pasword lebih mudah di tebak. Karena peretas atau orang lain dapat menemukan tanggal lahir kamu di jejaring sosial.

Untuk membuat kata sandi yang kuat, bukan gunakan kata sandi yang kamu suka tetapi tidak terlalu menarik atau di bagikan di media sosial. Karena hacker biasanya menggunakan informasi dari jejaring sosial sebagai bahan percobaan untuk membuka password orang lain.

·         Jangan Biarkan Browser Menyimpan Password

Semua situs website atau browser menawarkan fitur ingat pasword sehingga kamu dapat masuk kembali dengan mudah. Fitur ini memudahkan login karena kamu tidak perlu menulis ulang pasword. Tetapi berbahaya jika orang lain dapat masuk ke browser kamu yang biasa.

Belum lagi  kemampuan hacker untuk membuka pasword di cache dan cookie browser kamu. Jadi jangan simpan pasword di browsermu. Bahkan jika kamu terpaksa, maka dapat menggunakan pengelola pasword pihak ketiga. Dengan pengelola pasword, semua pasword kamu dienkripsi dan lebih aman.

·         Buatlah Password Yang Tidak Sama Untuk Akun Berbeda

Sebuah studi menunjukkan bahwa setidaknya 84% pengguna Internet dengan mudah melupakan pasword mereka. Ini menyebabkan 21% pengguna menggunakan pasword yang sama untuk semua situs website.

Hal ini tentu sangat berisiko karena password mudah di tebak dan sekaligus mudah kehilangan data. Oleh karena itu, selalu gunakan password yang berbeda untuk setiap website atau aplikasi.

Yang terpenting adalah membedakan pasword kamu untuk jejaring sosial umum dengan pasword kamu untuk kantor atau email bank. Oleh karena itu, untuk situs web atau aplikasi penting, kita menyarankan kamu menggunakan kata sandi yang belum pernah kamu gunakan di akun sosial sebelumnya.

Manfaat Password / Kata Sandi yang Kuat

Data pribadi kamu aman, termasuk data media sosial dan data yang tersimpan di laptop/smartphone dandata di Akun Keuangan. Contohnya termasuk email, akun web/mobile banking, akun e wallet, dan akun belanja online e-niaga. Menurut hasil survei orang-orang di seluruh dunia telah menggunakan paswor yang panjang, meskipun tidak terlalu aman.

Lakukan Ini Jika Password Terlanjur Dihack

jika kamu mendeteksi aktivitas tidak biasa untuk info masuk yang tidak kamu kenali. Jadi segera lakukan ini:

  • Ubah kata sandi kamu secara instan dan aktifkan akses untuk verifikasi keamanan ganda
  • Masuk ke alamat email kamu, lalu tambahkan alamat email lain untuk email pemulihan atau email verifikasi jika akses tidak di ketahui.
  • Juga tambahkan nomor telepon pemulihan nomor smartphone lain sebagai verifikasi keamanan.
  • Segera verifikasi akun terkait keuangan kamu misalnya akun e wallet, akun perbankan online dll

Pastikan saldo kamu selalu aman dan bebas dari transaksi mencurigakan. Jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, seperti saldo bank atau kartu kredit kamu habis karena transaksi tanpa sepengetahuan kamu, segera beri tahu otoritas yang berwenang, seperti bank, polisi, atau organisasi jasa keuangan kamu(OJK).

Jagalah Keamanan Password Dengan Baik

Menulis pasword kamu di buku khusus adalah solusi yang tidak akan di lupakan kebanyakan orang. Namun, mereka yang menggunakan tips ini tetap perlu berhati-hati. Jangan tinggalkan catatan tentang password kamu di meja atau di folder bernama (password) di mana orang lain dapat dengan mudah menemukan atau melihatnya.

Selalu jaga keamanan pasword kamu dengan baik, jika perlu kamu juga dapat memeriksa dan menyimpan password menggunakan pengelolaan password tepercaya. Yaitu pengaturan Google Chrome.

Penutup

Password merupakan suatu hal terpenting dalam melindungi data dari serangan hacker. Tapi jika kamu menggunakan password yang pendek malah akan mempermudah hacker untuk mengetahuinya. Saran, harus menggunakan beberapa tips di atas agar terhindar dari berbagai bahaya akan akan sosial media kamu.