Artikel dan UlasanEdukasiTeknologi

Tips Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Tanpa Aplikasi

×

Tips Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini
Tips Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Tanpa Aplikasi
Tips Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Tanpa Aplikasi

PENANUSANTARA.ID – Mengembalikan Foto yang Terhapus, jika kamu tak sengaja menghapus foto yang penting, maka bisa mengembalikannya lagi di ponsel. Foto memang merupakan sebuah momen yang wajib kamu simpan. Karena itulah, sebagian besar ponsel pengguna berisi foto berbagai momen.

Namun tak jarang kamu harus menghapus foto yang sudah diambil lantaran memori ponsel sudah penuh. Selain itu, tak jarang foto yang tersimpan justru tidak sengaja terhapus. Walaupun begitu, kamu tak perlu khawatir kehilangan foto tersebut selamanya. Sebab masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan foto itu. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa simak langsung di bawah ini.

Tips Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Tanpa Aplikasi 

Untuk para penggiat foto estetik yang tak sengaja menghapus fotonya di ponsel, maka bisa menerapkan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi sekarang juga. Dengan demikian, foto kesayangan yang sudah terhapus bisa kembali dilihat dalam galeri ponsel. Banyak orang yang awalnya menyangka, jika menghapus foto dalam galeri maka tak akan bisa melihatnya kembali di galeri.

Ternyata, kini kamu bisa dengan mudah mengembalikan foto yang sudah terhapus tanpa menggunakan aplikasi tambahan sama sekali. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini ada tutorial lengkap yang bisa kamu terapkan sekarang juga.

1. Mengembalikan Foto Lewat Google Photos di HP

Pertama dalam cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi yaitu menggunakan Google Photos. Kamu bisa menerapkan cara tersebut langsung di HP android dan tak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Dengan demikian, kamu bisa mendapat foto kesayangan yang tidak sengaja terhapus lebih mudah. untuk tutorial lengkapnya, silahkan simak di bawah ini.

  1.  Langkah pertama, silahkan kamu buka layanan Google Photos yang sudah menjadi platform bawaan HP
  2. Nantinya kamu melihat sejumlah menu lainnya yang ada di dalam Google Photos
  3. Jika sudah, akses menu Library yang terdapat di dalamnya. Kamu akan melihat beberapa pilihan dalam menu Library
  4.  Kemudian tekan Trash. Di dalam menu Trash ada kumpulan foto yang sudah terhapus secara tidak sengaja.
  5.  Setelah itu, gunakan select kalau kamu memiliki lebih dari satu foto yang hendak dikembalikan.
  6. Apabila sudah selesai, kamu bisa tekan pindahkan atau klik OK
  7. Nantinya foto yang sudah kamu pilih langsung kembali ke dalam galeri
  8. Harap simpan baik-baik foto kamu yang dirasa penting, apabila perlu silahkan buat folder khusus yang didalamnya berisi foto tersebut agar tidak terulang kembali.

2. Mengembalikan Foto dengan Galeri Bawaan HP

Selain dengan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi di atas, kamu bisa menerapkan langkah lainnya agar bisa mengembalikan foto yang telah terhapus secara permanen. Cara kali ini dengan memanfaatkan galeri yang terpasang di dalam ponsel. Namun sebagai informasi, galeri setiap ponsel berbeda-beda dan bisa saja tak ada menu bernama trash. Tetapi kamu bisa menerapkan beberapa caranya di bawah ini:

  1. Pertama-tama silahkan buka galeri yang ada di dalam ponsel kamu
  2.  Nantinya di dalam galeri terlihat banyak foto. Abaikan foto tersebut dan fokus ke bagian paling atas karena ada fitur foto dan album
  3. Kemudian kunjungi album. Biasanya di dalam album sistem telah mengumpulkan gambar berdasarkan cara foto itu diterima,
  4. Sesudah masuk, silahkan kamu gulir layar ke bawah hingga menemukan menu Trash Bin atau Trash. Beberapa dari galeri pengguna mungkin mengumpulkan gambar yang sudah terhapus dalam sebuah album. Ada baiknya kamu mencari album yang menjadi tempat foto terhapus
  5. Sesudah menemukannya, kamu akan melihat foto maupun gambar yang sudah dihapus
  6. Lanjutkan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi dengan tekan opsi select. Selain itu, kamu juga bisa menekan fotonya dalam waktu yang lama agar bisa mengembalikan foto dalam jumlah banyak sekaligus.
  7. Jika hanya ingin satu foto yang dikembalikan, tekan fotonya dan klik restore
  8. Kini, foto yang terhapus sudah kembali dan bisa terlihat di galeri.

3. Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus Lewat Perangkat Komputer

Tak hanya melalui ponsel, kamu juga bisa menerapkan cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi lewat perangkat komputer. Cara ini bisa dilakukan selama kamu menggunakan layanan Google Photos yang saling terhubung di komputer dan ponsel. Selain itu, harap pastikan komputer tersambung dengan internet. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus lewat komputer:

  1. Langkah pertama, silahkan kamu buka komputer dan akses ke laman photos.google.com
  2. Sesudah itu, tekan menu Sampa Hapus yang berada di sebelah kiri layanan Google Photos
  3. Jika sudah, tempatkan kursor tepat di atas foto maupun video yang hendak kamu pulihkan, kemudian tekan Pilih
  4. Kemudian di sudut kanan atas, kamu bisa tekan Pulihkan. Secara otomatis, foto yang dipilih akan tampil.
  5. Nantinya foto maupun video yang sudah kamu pilih bisa langsung dikembalikan ke album yang menjadi tempatnya semula sebelum terhapus.

Itulah tips mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP tanpa aplikasi dan bisa kamu terapkan sekarang juga. Dengan mengikuti uraian di atas, besar kemungkinan foto kesayangan kamu kembali muncul ke galeri tanpa hambatan apa pun. Semoga bermafaat.