Artikel dan UlasanEdukasiTeknologi

Tips Verifikasi Domain di Facebook Business Manager, Yuk Simak!!

×

Tips Verifikasi Domain di Facebook Business Manager, Yuk Simak!!

Sebarkan artikel ini
Verifikasi Domain di Facebook Business Manager
Verifikasi Domain di Facebook Business Manager

PENANUSANTARA.ID – Verifikasi Domain di Facebook Business Manager, Pernakah Anda posting link website di Facebook, tapi diblokir? Kemungkinan link tersebut dianggap spam. Oleh karenanya, sangat penting untuk melakukan verifikasi domain Facebook dulu.

Kenapa? Saat ini, Facebook memang memfilter semua postingan, termasuk link. Dengan verifikasi domain Facebook, Anda bisa mengklaim kepemilikan domain Facebook bisnis Anda untuk melindungi kredibilitas konten di dalamnya.

Dengan begitu, Anda bisa mencegah penyalahgunaan domain dan mengatur hak edit link serta konten Anda dengan lebih baik.

Untungnya, verifikasi domain Facebook bisa dilakukan tanpa menambahkan apapun di website Anda. Bagaimana caranya? Simak cara verikafikasi domain di Facebook Business Manager berikut ini!

Tips Verifikasi Domain di Facebook Business Manager

Langkah dalam tutorial domain verification Facebook Business Manager, memerlukan akun Facebook Business. Kalau belum memilikinya, lakukanlah registrasi menggunakan akun Facebook utama Anda saat ini.

Selanjutnya, ikuti empat langkah tutorial verifikasi domain Facebook berikut ini:

  1. Login ke Facebook Business
  2. Menambahkan Domain
  3. Melakukan Verifikasi Domain Facebook
  4. Mengarahkan Domain ke Halaman Facebook

berikut ini cara lengkapnya:

1. Login ke Facebook Business 

Untuk melakukan verifikasi domain Facebook, Anda perlu login ke halaman Facebook Business terlebih dulu. Kemudian, masukkan email dan password akun Facebook Anda di kolom yang tersedia. Lalu, klik tombol Login.

2. Menambahkan Domain

Jika berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman beranda Facebook Business Suite. Verifikasi domain Facebook hanya dapat dilakukan jika Anda sudah menambahkan domain pada akun bisnis Anda.

Untuk menambah domain, masuklah ke menu Pengaturan yang terletak di sidebar halaman Facebook Business. Kemudian, pilih menu Pengaturan Bisnis Lainnya.

Selanjutnya, klik dropdown menu Keamanan Merek dan masuklah ke halaman Domain.

Jika halaman domain sudah muncul, Anda akan melihat pemberitahuan bahwa akun bisnis Anda belum memiliki domain. Untuk menambahkannya, klik tombol Tambahkan.

Kemudian, masukkan nama domain yang ingin Anda kaitkan dengan akun Facebook Bisnis Anda pada kolom yang tersedia. Domain yang Anda gunakan harus berupa domain root (example.com), bukan subdomain (shop.example.com) maupun subdirektori (example.com/shop). Jangan menambahkan http:// atau https:// di awal, cukup nama domain saja.

Jika format domain sudah benar, klik tombol Tambahkan.

Dalam satu akun bisnis, Anda bisa menambahkan beberapa domain.

3. Melakukan Verifikasi Domain Facebook

Setelah domain berhasil ditambahkan, di halaman Domain, Anda akan melihat status nama domain: Tidak Diverifikasi. 

Anda juga akan melihat panduan cara verifikasinya seperti gambar di atas. Terdapat tiga metode cara verifikasi domain Facebook, yaitu:

  • Meta-tag : Anda perlu menambahkan  meta tag pada section <head> di homepage domain Anda.
  • Unggah File HTML : Anda perlu mengunggah file dengan kode verifikasi HTML unik ke direktori root pada web Anda.
  • Verifikasi DNS : Anda perlu menambahkan catatan DNS TXT baru ke domain Anda.

Pada tutorial verifikasi domain Facebook kali ini, kami akan melakukan verifikasi dengan menggunakan DNS. Langkahnya adalah salin catatan TXT pada langkah nomor 2 di opsi DNS TXT berikut ini:

Catatan tersebut akan ditambahkan pada konfigurasi DNS.

4. Verifikasi DNS melalui cPanel

Verifikasi DNS di cPanel bisa dilakukan oleh pengguna, Caranya, silakan login ke dashboard cPanel Anda terlebih dulu. Kemudian, cari dan masuklah ke menu Zone Editor. Klik tombol Manage untuk melakukan pengaturan DNS.

Buatlah record baru dengan klik tombol ADD RECORD. Masukkan nama domain Anda di kolom Name, ubah Type menjadi TXT dan masukkan catatan TXT yang sudah disalin sebelumnya pada kolom Record.

Pastikan kembali detail record DNS sudah benar, kemudian klik Save Record untuk menyimpan konfigurasi DNS.

Jika konfigurasi DNS telah berhasil ditambahkan, kembalilah ke halaman Domain pada Facebook Business. Lalu, klik tombol Verifikasi Domain.

Jika domain berhasil diverifikasi, Anda akan mendapat pesan seperti berikut:

Jika masih gagal, tunggulah masa propagasi selama kurang lebih 1×24 jam. Kemudian, klik tombol Verifikasi Domain lagi hingga domain berhasil diverifikasi.

Anda akan melihat tulisan Diverifikasi di samping nama domain yang menandakan bahwa verifikasi berhasil dilakukan. Langkah selanjutnya adalah mengarahkan domain ke halaman Facebook.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap cara verifikasi domain Facebook untuk halaman bisnis Anda. Sekarang, Anda bisa share konten website Anda ke halaman Facebook tanpa khawatir postingan berisi URL website akan diblokir oleh Facebook.

Ada tiga metode untuk melakukan verifikasi domain Facebook, yaitu:

  1. Menambahkan meta-tag
  2. Mengunggah file HTML 
  3. Menambahkan DNS TXT

Kalau Anda tidak mahir koding, melakukan verifikasi domain dengan DNS adalah pilihan yang tepat, dibandingkan harus menambahkan kode HTML di file website.