Artikel dan UlasanDestinasiRagam

Traveler Modern? Ikuti 10 Tips Travel Light ini!

×

Traveler Modern? Ikuti 10 Tips Travel Light ini!

Sebarkan artikel ini
Tips Travel Light
Ilustrasi Wanita Traveler (Pixabay)

Tips travel light butuh banget!. Bagi kalian yang senang mengunjungi berbagai destinasi wisata, pastinya salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah membawa barang bawaan yang tidak terlalu banyak. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips kepada kalian bagaimana melakukan perjalanan dengan membawa barang bawaan yang ringan alias travel light. Simak baik-baik ya!

10 Tips Travel Light

1. Buatlah daftar kebutuhan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat daftar kebutuhan selama perjalanan. Hal ini akan membantumu untuk menghindari membawa barang-barang yang tidak perlu. Tuliskan semua barang yang benar-benar kamu butuhkan, seperti pakaian, alat mandi, dan lain-lain. Dengan memiliki daftar ini, kamu akan lebih terorganisir dan tidak akan bingung saat akan memasukkan barang bawaan ke dalam tas.

2. Prioritaskan barang penting

Setelah membuat daftar kebutuhan, prioritasakan barang-barang yang benar-benar penting. Misalnya saja, jika kamu akan berkunjung ke tempat yang dingin, maka jaket atau pakaian hangat harus menjadi prioritasmu. Hindari membawa barang yang sama atau mirip, cukup bawa yang benar-benar diperlukan agar ruang di dalam tas tidak terlalu penuh.

3. Pilih tas yang sesuai

Salah satu kunci dari travel light adalah memilih tas yang sesuai. Pilih tas yang memiliki banyak kompartemen dan ruang penyimpanan yang efisien. Tas dengan banyak saku di dalam dan di luar akan memudahkanmu untuk menyimpan barang-barangmu. Selain itu, pastikan tas yang kamu pilih juga kokoh dan nyaman saat digunakan agar tidak memberikan beban ekstra selama perjalananmu.

4. Gunakan sistem baju layer

Tips travel light yang keempat adalah menggunakan sistem baju layer. Dengan memakai beberapa lapisan pakaian yang tipis akan lebih efisien daripada membawa banyak pakaian tebal. Misalnya saja, gunakan kaos dalam sebagai underlayer kemudian tambahkan kaus oblong atau kemeja tipis sebagai lapisan tengah, dan akhiri dengan jaket atau sweater sebagai outerlayer. Dengan cara ini, kamu bisa mengatur suhu tubuhmu sesuai dengan kebutuhan tanpa harus membawa banyak pakaian yang berat.

5. Pilih material pakaian yang ringan

Saat memilih pakaian, pastikan untuk memilih material yang ringan dan cepat kering. Material seperti katun ringan, linen, atau bahan anti-air bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain lebih ringan, material tersebut juga mudah dicuci dan kering sehingga kamu bisa lebih praktis saat melakukan perjalanan.

6. Bawa alat mandi ukuran kecil

Salah satu hal yang bisa membuat tas kita terasa berat adalah membawa alat mandi dan kosmetik dalam ukuran besar. Tips travel light selanjutnya adalah membawa alat mandi dalam ukuran kecil. Beberapa merek telah menyediakan produk alat mandi dan kosmetik dalam bentuk travel size yang lebih kecil dan ringan. Dengan memilih produk-produk seperti ini, kamu bisa menghemat ruang di dalam tas dan juga menghindari kelebihan berat yang tidak perlu.

7. Hindari membawa terlalu banyak pasangan sepatu

Sepatu seringkali menjadi salah satu barang yang memakan ruang cukup besar di dalam tas. Tips travel light selanjutnya adalah hindari membawa terlalu banyak pasangan sepatu. Pilihlah sepatu yang multifungsi dan sesuai dengan aktivitasmu selama perjalanan. Misalnya saja, jika kamu akan melakukan banyak jalan kaki, pilihlah sepatu yang nyaman untuk berjalan. Jika memungkinkan, gunakan sepatu yang sedang kamu pakai saat berpergian untuk mengurangi kebutuhan akan membawa banyak pasangan sepatu.

8. Gunakan teknik lipat pakaian yang efisien

Cara melipat pakaian dengan efisien juga bisa membantumu dalam melakukan travel light. Teknik lipat seperti roll atau konmari fold dapat membantu kamu untuk memaksimalkan penggunaan ruang di dalam tas. Dalam hal ini, kamu juga bisa mencoba menggunakan peralatan bantu seperti kompresi packing cubes untuk melipat pakaian agar lebih rapi dan ringkas.

9. Gunakan teknologi untuk mengurangi beban

Teknologi mungkin bisa menjadi sahabatmu dalam melakukan travel light. Pilih laptop, kamera, atau gadget lainnya yang memiliki ukuran dan berat yang ringan. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan dokumen atau buku dalam versi digital sehingga tidak perlu membawa buku-buku fisik yang berat. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kamu bisa mengurangi beban yang harus kamu bawa selama perjalanan.

10. Jaga kebersihan dan kesehatan

Terakhir, jaga kebersihan dan kesehatan diri selama perjalanan. Bawa tisu basah atau hand sanitizer agar kamu bisa membersihkan tangan kapan pun diperlukan. Selain itu, bawa juga obat-obatan yang mungkin kamu perlukan seperti obat demam, obat sakit kepala, atau obat pencahar. Dengan memastikan kesehatanmu tetap terjaga, kamu bisa menikmati perjalananmu dengan lebih nyaman.

Kesimpulan

Nah, itulah 10 tips travel light yang bisa kami berikan kepada kalian para traveler modern. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu untuk mengorganisir barang bawaanmu dengan lebih efisien. Ingat, melakukan travel light tidak hanya akan membuat perjalananmu lebih nyaman, tapi juga lebih hemat tenaga dan waktu. Selamat menjelajahi dunia!

(*/Siska)