Waktu Istirahat Dalam Permainan Bola Basket Adalah

Posted on

Penanusantara.id – Dalam artikel kali ini admin akan membuat artikel tentang waktu istirahat dalam permainan bola basket, di pencarian Google banyak sekali pertanyaan seputar olahraga bola basket dan salah satunya adalah berapa menit waktu istirahat olahraga Bola basket.

Selain waktu istirahat Basket, sebelumnya kami juga sudah membahas tentang waktu yang dibutuhkan satu babak dalam olahraga bola basket. pertanyaan tersebut juga berkaitan dengan pertanyaan waktu break, untuk pertanyaan waktu pertandingan bola basket bisa kamu baca di artikeldibawah ini.

Baca Juga: Satu Tim Dalam Permainan Bola Basket Terdiri Atas

Untuk menjawab pertanyaan tentang lama permainan bola basket terbagi menjadi kuarter akan kami bahas secara lengkap dibawah ini.

Perhitungan Waktu Dalam Permainan Bola Basket Adalah

Waktu Istirahat Dalam Permainan Bola Basket Adalah

Waktu permainan bola basket adalah 4 X 10 menit. Di antara quarter 1, 2, 3, dan kuarter 4 terdapat waktu istirahat yaitu selama 10 menit, artinya, dalam sebuah permainan bola basket akan dimainkan selama 10 menit yang terbagi dalam empat babak atau Quarter / kuarter.

Pertanyaan lain tentang waktu permainan bola basket dalam bentuk pilihan ganda juga ada seperti dibawah ini.

Berapa Lamanya waktu bermain bola basket adalah
a. 2 x 15 menit
b. 2 x 20 menit
c. 2 x 25 menit
d. 2 x 45 menit​

Jawabannya adalah: b. 2 x 20 menit.

Lama waktu permainan olahraga bola basket adalah 20 menit jika perhitungannya waktu 2 babak, karena dalam 1 quarter atau babak terdiri dari 10 menit, atau jawabannya bisa juga 4×10 menit atau 1×40 menit.

Namun jika merujuk pada aturan resmi yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Basket Internasional atau (FIBA), lama dalam permainan bola basket ialah 4 x 10 menit. Jadi perhitungannya, permainan basket akan dimainkan selama 10 menit yang dibagi menjadi empat babak atau quarter.

Waktu Istirahat Dalam Permainan Bola Basket Adalah Berapa Menit

Dalam sebuah permainan bola basket, ada waktu istirahat atau jeda babak (half time). Untuk waktu istirahat dalam permainan bola basket antara babak satu dan babak dua, kemudian babak atau kuarter tiga dan kuarter (quarter) empat adalah 2 menit berdasarkan (FIBA) serta 130 detik menurut (NBA).

Nah jadi untuk pembahasan tentang topik waktu break diantara babak atau kuarter dalam permainan bola basket terbagi menjadi dua versi yaitu menurut International Basketball Federation (FIBA) dan National Basketball Association (NBA).

Waktu yang dibutuhkan satu babak dalam permainan bola basket adalah

Pertanyaan selanjutnya tentang lama waktu basket dalam 1 babak, sebelumnya sudah dibahas diatas tentang waktu permainan bola basket dalam satu pertandingan, namun untuk lebih spesifik akan kami jelaskan secara rinci dalam tiap babaknya.

Jika mengikuti aturan resmi dari Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), lama waktu permainan bola basket dalam satu kuarter adalah 4×10 menit. Jika permainan tersebut dimainkan dalam 2 babak saja, maka Waktu yang dibutuhkan satu babak dalam permainan bola basket adalah 20 menit setiap babaknya. Namun jika dimainkan dalam 4 babak atau 4 kuarter maka lama dalam 1 quarter adalah 10 menit.

Namun di liga Bola Basket Profesional Amerika Serikat (NBA) ada perbedaan dalam perhitungan waktunya, Menurut NBA lama pertandingan dalam permainan bola basket adalah 4×12 menit, yang mana pada setiap kuarter akan dimainkan selama 12 menit.

Untuk Indonesia durasi lama dalam permainan bola basket mengikuti aturan FIBA yaitu 4×10 menit, nah jika ada pertanyaan tentang waktu permainan dalam bola basket, temen-temen bisa membedakan antara versi FIBA dan versi NBA.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan seputar waktu istirahat dalam permainan bola basket, semoga artikel yang telah kami sajikan bermanfaat untuk semua pembaca, jika temen-temen ada pertanyaan seputar informasi bola basket, bisa menghubungi team redaksi kami melalui halaman kontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *